Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)terus melakukan program pemantapan berbagai infrastruktur dasar guna mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi tahun 2015.

"SK Gubernur Maluku yang menetapkan Kabupaten SBB sebagai tuan rumah penyelenggara sudah ada dan sekarang kita terus melakukan berbagai persiapan," kata Bupati Jacobus Puttilehalat, di Ambon, Kamis.

Untuk pembangunan gedung ibadah baik masjid baru maupun gereja telah disiapkan anggaran sebesar Rp9 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten SBB.

"Jembatan dan jalan trans Seram sudah kita tindaklanjuti semuanya dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada tim dari provinsi yang turun ke sana untuk melakukan pembahasan," ujar Jacobus.

"Kalau untuk MTQ itu kita siapkan mulai dari persiapan pembangunan kantor Bupati dan gedung DPRD yang sejak awal sudah hampir mencapai Rp100 miliar kebih, termasuk infrastruktur lain berupa gedung ibadah yang diambil dari APBD," katanya lagi.

Pemkab SBB juga mengutamakan pembangunan ruas jalan ke setiap kecamatan yang masih terisolir.

Jacobus juga minta jangan ada pernyataan yang berlebihan terkait isu kegiatan MTQ berpusat di Waimital atau Gemba maupun Piru yang merupakan ibu kota kabupaten dan menjadi pusat pemerintahan.

Pusat kegiatan MTQ tingkat provinsi akan berlangsung di Piru, dan sesuai agenda kegiatan yang telah disusun, kegiatannya juga berlangsung di Waimital, Waisala dan Pelita Jaya.

"Untuk kafilah itu sudah disiapkan 50 rumah, ada hotel dan fasilitas lain berupa penginapan dan mes pemda termasuk perkantoran yang telah direnovasi," katanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014