Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan menggelar wisata bersepeda mengelilingi Pulau Ternate dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-764 Ternate sekaligus mempromosikan potensi wisata setempat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ternate Anas Conoras di Ternate, Sabtu, mengatakan bahwa wisata bersepeda keliling Pulau Ternate tersebut akan digelar pada pertengahan Desember 2014 dan diupayakan diikuti wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Wisata mengelilingi Pulau Ternate sepanjang 42 km yang merupakan pertama kali digelar Pemkot Ternate tersebut juga merupakan salah satu terobosan dari pemkot untuk memperkenalkan kegiatan olahraga wisata di daerah ini.

Dalam kegiatan wisata bersepeda mengelilingi Pulau Ternate tersebut, kata dia, para peserta akan diajak menyinggahi berbagai objek wisata yang dilalui, seperti objek wisata batu angus di Kelurahan Sango yang menampilkan lahar letusan Gunung Gamalama beberapa abad silam yang telah membatu.

Selain itu, objek wisata Pantai Tobololo dan Pantai Sulamadaha yang menyajikan panorama pantai yang sangat indah serta objek wisata Danau Tolire yang menyimpan berbagai cerita menarik dan pemandangan hutan tropis dengan berbagai jenis flora dan fauna khas Ternate.

"Sejumlah benteng peninggalan kolonial, seperti Benteng Kastela di Kelurahan Kastela dan Benteng Kalamata di Kelurahan Kalumata, juga merupakan objek wisata yang akan disinggahi para peserta kegiatan wisata bersepeda mengelilingi Pulau Ternate tersebut," kata Anas Conoras.

Pemkot Ternate juga akan menggelar berbagai kegiatan lainnya yang terkait dengan promosi wisata dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-764 Ternate tersebut, seperti festival budaya yang akan menampilkan berbagai kesenian tradisional Ternate.

Ia menegaskan Pemkot Ternate terus menggencarkan pormosi wisata karena daerah ini memiliki banyak objek wisata menarik, baik wisata peninggalan sejarah, wisata bahari, maupun panorama alam. Namun, tempat itu selama ini belum banyak dikenal wisatawan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014