Ambon (Antara Maluku) - Sedikitnya 35 petinju, baik putra maupun putri, di Kota Ambon terdaftar untuk mengikuti seleksi menjelang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) III di Ambon, mulai 21 hingga 27 November 2014.

Ketua Pengkot Pertina Kota Ambon Brury Nanulaitta ketika dikonfirmasi, Selasa petang, mengatakan bahwsa saat penimbangan berat badan pada Selasa pagi terdaftar 29 petinju putra dan enam putri yang siap diseleksi.

Seleksi diselenggarakan di Gedung Pengprov Pertina Maluku berlokasi di Karang Panjang, Kota Ambon, 24--26 September 2014.

"Kami manfaatkan Gedung Pertina sesuai dengan arahan Ketua Pengprov Pertina Maluku Sam Latuconsina karena tersedia berbagai fasilitas yang mendukung seleksi terbatas," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa seleksi petinju berasal dari sembilan sasana.

Pengkot Pertina Kota Ambon mendata ada sebanyak 17 sasana.

Seleksi dilaksanakan dengan melibatkan wasit dan hakim yang diarahkan memberikan penilaian objektif agar terjaring petinju yang nantinya menjalani pemusatan latihan (TC), selanjutnya diterjunan di Popmal III dengan harapan mengukir prestasi terbaik.

"Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan mendulang medali emas guna mempertahankan juara umum yang pernah diraih dua penyelenggaraannya sebelumnya," kata Brury.

Ia mengakui bahwa seleksi ini dimanfaatkan untuk mengevaluasi pembinaan di masing-masing sasana guna menggairahkan generasi muda menekuni cabang olahraga itu.

Apalagi, hasil Popmal III juga dimanfaatkan Pengprov Pertina Maluku untuk memantau para petinju berbakat.

Petinju yang terjaring nantinya dibina dan diseleksi untuk mewakili Maluku di Pra-PON 2015.

"Hasil Pompal III juga dijaring untuk nantinya berlaga di kejuaraan terbuka memperebutkan Piala Gubernur Maluku Said Assagaff dijadwalkan di Ambon pada pertengahan Januari 2014," kata Brury Nanulaitta.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014