Ternate Antara Maluku Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), membenahi rumah korban kebakaran di Kota Ternate dengan menggandeng salah satu organisasi paguyuban untuk menfasilitasi pembangunan rumah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Ternate, Hasyim Yusuf mengatakan di Ternate, Senin, Pemkot menjalin kerja sama dengan Ikatan Keluarga Tidore (IKT) Maluku Utara melalui Tim Barifola, untuk merehab atap rumah korban kebakaran di Lingkungan Koloncucu Kelurahan Toboleu Kecamatan Ternate Utara yang terjadi beberapa waktu lalu.

Rumah milik keluarga Sadarundin dan Maryam yang terletak di RT11/RW02 itu mengalami musibah kebakaran, sehingga membutuhkan uluran tangan dari semua pihak.

Dalam kegiatan itu, nampak terlihat juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternata Hasyim Yusuf memantau proses pekerjaan tim Barifola tersebut.

Ia menjelaskan, pekerjaan pembangunan cap rumah milik Keluarga Sadarundin dan Maryam itu diplot dari anggaran Dana Tak Terduga (DTT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, pekerjaan ini bersumber dari anggaran dana tak terduga BPBD Kota Ternate.

Hasyim mengakui, persiapan pelaksanaan pekerjaan cap rumah ini sudah dipersiapkan, setelah persiapan tersebut matang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pekerjaan di rumah yang terbakar itu.

Sehingga, ditargetkan dalam beberapa hari ke depan pekerjaan cap rumah telah rampung dan siap dihuni pemilik rumah bersangkutan dan persiapan pekerjaannya pada hari sabtu, setelah itu baru dilanjutkan dengan pelaksanaan pekerjaan pada hari Minggu.

Ditanya soal besaran anggaran DTT yang diplot dalam pekerjaan kap tersebut, Hasyim menjelaskan, untuk anggaran itu nanti diketahui jika pekerjaannya sudah selesai dan anggaran itu nanti pekerjaannya selesai baru diketahui.

Secara terpisah, salah seorang tim barifola yang enggan namanya dikorankan mengatakan, dalam pekerjaan tersebut jumlah personil tim barifola yang diterjunkan yaitu sebanyak 30 orang, jumlah tim barifola yang bekerja sebanyak 30 orang.

Dijelaskan lagi, sebagai mana biasanya pekerjaan yang dilakukan tim barifola ini bertujuan untuk membantu meringankan beban dari pihak korban, serta pekerjaan ini untuk membantu meringankan korban saja, pekerjaan ini ikhlas kami kerjakan.






Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014