Ambon (Antara Maluku) - Ketua KNPI Maluku Victor Peilouw menegaskan bahwa Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 harus menjadi momentum untuk revolusi mental bangsa Indonesia.

"Tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah bagaimana membangun mental, baik pimpinan negara dan daerah maupun generasi mudanya, agar mampu bekerja dengan jujur dan adil bagi kemaslahatan banyak orang," ujar Victor, saat dimintai tanggapannya di Ambon, Senin.

Dia menegaskan revolusi mental sangat diperlukan saat ini guna menciptakan kader dan pemimpin bangsa yang bersih dan jujur dalam melaksanakan amanat konstitusi, sekaligus mengantarkan bangsa dan negara memasuki era persaingan pasar bebas Asean tahun 2015.

"Perjuangan bangsa ini telah jauh bergeser. Tidak lagi dengan senjata, tetapi diperlukan perjuangan menyeluruh untuk membersihkan dan memulihkan mental anak bangsa dari berbagai hal negatif, termasuk korupsi dan kolusi, narkotika dan obat terlarang, maupun hal-hal yang bertentangan dengan arah dan perjuangan bangsa di masa mendatang," katanya.

Menyangkut perjuangan generasi muda saat ini memaknai Hari Pahlawan Victor menegaskan masih ada kelompok pemuda yang pesimistis sehingga melakukan hal-hal negatif, termasuk terjerumus dalam penggunaan narkoba.

"Hal ini perlu diberantas, tetapi pemerintah juga perlu menyiapkan atau memberikan saluran kepada generasi muda untuk melakukan hal-hal positif, sehingga mereka lebih kreatif dalam membangun bangsa dan negara," katanya.

Dia menegaskan di zaman kemerdekaan atau revolusi, kaum pemuda diberi ruang yang luas untuk berjuang membangun bangsa, termasuk melahirkan Sumpah Pemuda yang merupakan salah satu tonggak sejarah dan perjuangan bangsa.

"Saat ini ruang yang diberikan kepada para pemuda sangat kecil, sehingga akhirnya banyak generasi muda harapan bangsa menjadi terjerumus dalam hal-hal negatif dan tidak produktif," ujarnya.


Peringatan

Sementara itu, peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 di Ambon dilakukan dalam sebuah upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha, Tantui dipimpin Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi.

Dalam upacara yang dihadiri Gubernur Maluku Said Assagaff tersebut juga dilakukan tabur bunga oleh seluruh peserta upacara.

Sedangkan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Balai Kota bersama seluruh pegawai lingkup Pemkot Ambon.

Richard dalam kesempatan tersebut meminta para PNS Pemkot Ambon bekerja giat untuk membangun ibu kota provinsi Maluku tersebut.

"Tantangan terberat dalam mengisi perjuangan pahlawan adalah memajukan kota ini di berbagai bidang, termasuk mensejahterakan seluruh warga warga. Mari bersatu untuk bekerja keras memajukan Ambon yang damai dan sejahtera," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014