Ternate (Antara Maluku) - Markas Komando Operasi Pangkalan Angkatan Laut (Mako Lanal) Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), dalam waktu dekat akan naik status menjadi Lanal tipe B.

"Status pangkalan laut di Kabupaten Pulau Morotai akan ditingkatkan, karena daerah ini sangat membutuhkan fasilitas yang memadai dalam menjaga teritorial," kata Komandan Lanal Morotai, Letkol Laut (P) Syarief AR di Ternate, Jumat.

Ia mengatakan, akan dinaikkan menjadi Lanal tipe B, karena itu untuk masalah sarana pendukung pihak Deputi akan menyampaikan kepada pusat, agar dapat direalisasi.

Selain itu, Morotai terdapat satu titik dasar terletak di sekitar desa Sopi Morotai Utara, bahkan katanya, pihak AL juga sudah mensurvei titik dasar tersebut. Hanya saja, alat pendukung yang digunakan untuk tugas penegakan hukum di laut masih belum ada sehingga agak kesulitan.

Oleh karena itu, diharapkan supaya Lanal Morotai perlu segera di berikan sarana yang cukup demi kenyamanan wilayah setempat, apalagi NKRI merupakan wilayah pulau-pulau yang berbatasan dengan sejumlah negara tetangga.

Sehingga perlu penataan dengan tujuan tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga itu. Maka dari itu, TNI sebagai institusi pertahanan, diharapkan selalu mengawasi dan melaporkan kepada pusat terkait keadaan daerah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014