Ambon (Antara Maluku) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon mengingatkan warga untuk mewaspadai angin kencang diperkirakan lebih dari 30 KM/jam di sejumlah daerah di Maluku dalam beberapa hari mendatang.

"Angin kencang tersebut berpotensi terjadi di Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy, dikonfirmasi, Sabtu.

Sedangkan kecepatan angin di bawah 20 KM/jam di Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Aru , Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya(MBD).

Kondisi cuaca berawan dan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpeluang terjadi pulau Ambon, pulau Seram, pulau Buru, pulau Banda, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru, Kepulauan Taninbar dan pulau Kisar.

Peringatan dini ini juga terkait tinggi gelombang berkisar 3 - 6 meter berpeluang terjadi di laut Maluku.

Sedangkan tinggi gelombang 2 - 3 meter berpeluang terjadi di perairan pulau Ambon dan pulau Buru.

George mengemukakan, peringatan dini tersebut telah diteruskan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan Kabupaten dan dua Kota.

Karena itu, para penyedia maupun pengguna jasa transportasi, baik laut maupun udara, perlu mematuhi peringatan dini tersebut.

"Jangan memaksakan diri berlayar sekiranya kondisi cuaca ekstrim. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," ujarnya.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrim sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan pesawat atau kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014