Ambon (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura akan menggelar pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI Angkatan Darat tahun 2015 selama dua hari, 14-15 Januari 2015, di Ambon.

"Pameran alutsista ini sebagai wujud pertanggung jawaban TNI kepada masyarakat karena alat tersebut dibeli dari uang rakyat," kata Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Letkol Inf Mohammad Hasyim, di Ambon, Jumat.

Menurut dia, kegiatan pameran alutsista yang diselengggarakan oleh Kodam XVI/Pattimura diharapkan dapat menjadi media komunikasi dan interaksi antara TNI dengan rakyat untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat yang sudah terbina dengan baik selama ini.

"Pameran alutsista yang akan diselenggarakan itu sebagai ajang untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat, kepada anak-anak kita untuk menumbuhkan kecintaan kepada bangsa Indonesia melalui gambaran tentang dunia kemiliteran," katanya.

Letkol Mohammad mengatakan melalui moment tersebut, masyarakat terutama anak-anak dapat diberikan wawasan dan pengetahuan yang baik agar timbul rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.

"Pameran Alutsista TNI AD Kodam XVI/Pattimura dibawah sortan tema,"Bersama Rakyat TNI AD Kuat, Bersama TNI AD Rakyat Damai dan Sejahtera," katanya.

Sejumlah peralatan tempur akan diperlihatkan dalam pameran alutsista Kodam XVI/Pattimura seperti antara lain, Meriam 105, Kendaraan Scorpion, Kendaraan Tarantula, Kendaraan Komodo, Kendaraan D-Max, Kendaraan Caspier, Kendaraan MRCV, Kendaraan PAKSI, Kendaraan Anoa.

Selain itu, Kendaraan Ferret, Kendaraan Saracen, Kendaraan Anoa KAV, Kendaraan Anoa Raider, KMC, Ransus 733/R, V8 Hubdam, LCR,SPM POM, dan SPM 733/R.

Joy Ride akan dilakukan dengan rute, star dari Tribun Lapangan Merdeka Ambon, menuju Gereja Maranatha, Jalan Pattimura, Jalan Ulupaha, Jalan Hairun, Depan Balaikota dan kembali ke Lapangan Merdeka.

Dalam Joy Ride itu, akan diikutsertakan satu unit Tank Scorpion, dua unit kendaraan tempur Panser Ferret, dan empat unit kendaraan Panser Anoa.

Letkol Mohammad menjelaskan bahwa sejumlah peralatan perang TNI AD tersebut dibawah dari Jakarta dan sekarang sedang mengarungi Laut Banda setelah melakukan kegiatan pameran di Jayapura dan Sorong, Papua kemudian ke Ambon dan nanti terus ke Manado, Sulawesi Utara. "Lama dalam perjalanan dari Papua ke Ambon lima hari dan mudah-mudahan berjalan lancar," katanya.

Selanjutnya, tambah dia, dalam rangka pameran Alutsista TNI-AD Kodam XVI/Pattimura, akan dilakukan lomba fotografi alutsita dan terbuka untuk umum, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015