Ternate (Antara Maluku) - Permaisuri Boki Nita Susanti dipastikan menghadiri prosesi pemakaman suaminya, Sultan Mudaffar Sjah, yang rencananya akan berlangsung pada, Jumat (20/2) pagi di kawasan Masjid Kesultanan Ternate.

Putra Sultan Ternate, Firman Sjah mengatakan di Ternate, Kamis, istri keempat Sultan Ternate, Boki Nita Susanti memang dijadwalkan hari ini datang dari Jakarta untuk menghadiri proses pemakaman Sultan Ternate Mudaffar Sjah.

Sebelumnya, di Kesultanan Ternate terdapat dua kubu yang mendukung Boki Nita Susanti dan anak-anak Keluarga Sultan Ternate dari istri lainnya, terjadi konflik yang cukup panjang, hingga Sultan Ternate Mudaffar Sjah menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Menurutnya, meskipun Boki Nita Susanti akan menghadiri pemakaman Sultan Ternate, tetapi ada rambu-rambu yang harus diikuti oleh Boki Nita sesuai dengan kesepakatan bersama anak-anak Sultan Ternate.

Oleh karena itu, dirinya juga berharap agar dalam pemakaman nanti, semua pihak termasuk Boki Nita yang akan menghadirinya juga dapat mentaati aturan-aturan yang telah disepakati, agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, dirinya memastikan kalau untuk kepemimpinan di Kesultanan Ternate saat ini masih dijalankan oleh Kimalaha Tomagola, Munir Tomagola hingga adanya pengangkatan Sultan Ternate yang baru.

Bahkan, rencananya ada pelantikan Jogugu Kesultanan Ternate dari pejabat sebelumnya yang diemban Muhdar Mustafa belum bisa dilakukan dilakukan, karena kondisinya belum memungkinkan.

Dirinya juga memastikan kalau pengangkatan Sultan Ternate ada mekanismenya dan tidak ada putra mahkota dan semua putra Sultan Ternate memiliki hak yang sama untuk diangkat menjadi Sultan Ternate yang ditentukan oleh Bobato 18 yang nantinya mengangkat.

"Saya kira sebagai anak Sultan Ternate akan siap menjalankan tugas dan eksistensi menjadi penerus Kesultanan Ternate,," kata Firman Sjah.

Bahkan, banyak program dan agenda Mudaffar Sjah yang juga sultan yang ke-48 belum dituntaskan seperti mata uang dinnar dan mengangkat harkat martabat bala kusu se kano-kano tetap diteruskan.

Sultan Ternate, Mudaffar Sjah yang menjadi sesepuh dan tokoh ada di Maluku Utara ini meninggal saat menjabat anggota DPD-RI asal Maluku Utara, bahkan almarhum meninggalkan 13 orang anak dari empat istri.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015