Ambon (Antara Maluku) - Sedikitnya 6.544 siswa tingkat SMA dan SMK yang ada di Kota Ambon siap mengikuti ujian nasional (UN) yang akan berlangsung mulai tanggal 13 April 2015 mendatang.

"6.544 siswa itu terdiri dari SMA sebanyak 4.940 siswa dari 40 penyelenggara sekolah dan SMK sebanyak 1.604 siswa dari 13 penyelenggara sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama di Ambon, Selasa.

Jadi untuk tingkat SMA/SMK di Kota Ambon semuanya sudah tidak ada masalah lagi, lanjutnya, semuanya sudah mantap dan tinggal pelaksanaan tri out terakhir pertengahan Maret dan siap untuk ikuti UN tanggal 13 sampai 15 April 2015.

"Kami sudah melakukan pemantauan ke sekolah-sekolah dan semuanya sudah siap, lanjutnya, kesiapan ini juga diperkuat dengan kunjungan Komisi II DPRD Kota Ambon ke sekolah-sekolah untuk melihat dari dekat kesiapan mereka," ujarnya.

Yang jelas kita optimis semuanya akan lulus dan berkualitas, lanjutnya, dan target diatas 90 persen dan diharapkan kualitas pasti lebih dari itu.

Sedangkan untuk SD sedang dilakukan pengecekan, sebab SD tidak dilakukan ujian nasional hanya ujian sekolah saja.

Disinggung terkait dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kainama mengatakan, dana BOS yang baru dicairkan tahun 2015 hanya untuk SD dan SMP, jadi selama dua bulan Januari-Februari sekolah membiayai sendiri.

"Saya bersyukur Komite sekolah mendukung pelaksanaannya, sedangkan SMA maupun SMK sampai sekarang ini belum ada," ujarnya.

Mari kita doakan saja, lanjutnya agar pelaksanaan UN akan tetap berjalan dengan baik, walaupun dana BOS yang didengungkan tetapi sampai sekarang belum ada realisasinya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015