Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), membongkar ratusan lapak pedagang di kawasan Benteng Ford Oranye sebagai bagian dari program penataan dan revitalisasi benteng tersebut.

Kepala Dinas Pasar Kota Ternate Nuryadin Rahman di Ternate, Sabtu, mengatakan pembongkaran yang dilakukan Sabtu ini hingga Minggu (15/3) berlangsung aman dan tertib, karena sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan para pedagang.

Para pedagang yang lapaknya dibongkar tersebut akan dipindahkan ke Lantai II Pasar Higienis, Pasar Grosir dan sejumlah kawasan pasar lainnya yang telah disiapkan oleh Dinas Pasar.

Bahkan, lanjutnya, pihaknya bersama instansi tekhnis lainnya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para pedagang yang menempati bagian selatan benteng Oranje dan telah disepakati, kawasan itu, akan ditata pada hari ini.

"Pemerintah Kota sudah melakukan beberapa kali pertremuan dengan pihak terkait termasuk para pedagang yang berjualan di sisi selatan benteng Oranje dan disepakati bahwa penertiban akan dilakukan pada tanggal 14 Maret dan 15 Maret Besok," katanya Kadipas Nuryadin Rachman kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, kegiatan penataan kawasan selatan benteng Oranje itu, merupakan tahap lanjutan dari program revitalisasi benteng oleh Kementerian PU-Pera RI dan ini merupakan tindaklanjut dari program Kementerian PU-Pera untuk revitalisasi benteng, sehingga para pedaan yang menempati bagian selatan itu, akan direlokasi, sehingga penataan bisa dilanjutkan pada tahap kedua.

Para pedagang yang direlokasi tersebut, lanjut Nuryadin, akan ditepatkan di lantai II pasar higenis, lantai II pasar grosir serta beberapa kawasan lainnya, sesuai kesepakatan. Mereka ini direlokasi sementara pada beberapa titik termasuk lantai II pasar higenis dan pasar grosir, berdasarkan kesepakatan dengan para pedagang.

Untuk penataan kawasan selatan depan Benteng Ford Oranje hari ini, Pemkot bekerjasama dengan TNI//Polri serta Satpol PP dan Satgas Pasar serta instansi tekhnis lainnya, dengan perincian personel, TNI 31 personil, Polri 31 personel, Brimob gegana 12 personil, Satpol PP 51 personil, Satgas Pasar 32 personil, Trantip Pasar 75 personil.

Selain itu, ada petugas kebersihan 30 personil, Dinas Perhubungan 25 personil, Damkar 2 regu serta SKPD terkait sebanyak 50 personil. Dengan demikian, jumlah total personil yang akan melakukan penataan kawasan selatan benteng Oranje sebanyak 312 personel.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015