Ambon (Antara Maluku) - Universitas Pattimura Indonesia dan Universitas Lancaster Inggris menjajaki kerja sama riset di bidang teknik mesin, energi terbarukan, serta pertukaran mahasiswa dan dosen.

"Kami sementara menjajaki kerja sama dengan University of Lancaster untuk riset, terutama di bidang-bidang engineering dan energi terbarukan karena mereka sangat `expert` di situ," kata Pembantu Rektor (PR) IV Unpatti Bidang Kerja Sama Antarlembaga, Bob Mose di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan penjajakan tersebut telah pada tahap pembicaraan untuk mempertemukan para ahli bidang teknik mesin dan energi terbarukan dari Unpatti dan Lancaster. Dalam dua pekan mendatang mereka akan dihubungkan melalui sebuah video konferensi.

Unpatti sendiri, katanya, sangat berminat untuk bekerja sama di bidang energi terbarukan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bidang lainnya.

Sesuai dengan kebutuhan kerjasama, Fakultas Teknik dan Fakultas Perikanan yang akan lebih banyak berperan dalam prosesnya.

"Dalam dua minggu ke depan kita akan adakan video conference untuk membantu mempertemukan para ahli dari Unpatti dan University of Lancaster, mereka akan berbicara mengenai proses kerja sama, terutama energi terbarukan, itu yang ingin kami jajaki," katanya.

Tak hanya kerja sama keahlian di bidang riset, menurut Bob, Universitas Lancaster juga berencana mengirim beberapa orang mahasiswanya untuk tinggal di Ambon dan belajar di Unpatti selama beberapa bulan. Universitas itu juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen Unpatti yang ingin merasakan belajar di Inggris.

Kesempatan belajar di Lancaster, kata dia, merupakan sesuatu yang baik bagi mahasiswa dan dosen Unpatti untuk terus mengembangkan kemampuan mereka.s

"Ini semacam program pertukaran mahasiswa dan dosen, mereka mengirimkan mahasiswanya belajar di sini, kami mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk belajar di tempat mereka," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015