Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menampilkan tarian soya-soya mengelilingi Pulau Ternate sepanjang 42 km untuk memeriahkan peringatan Hari Ulan Tahun (HUT) ke-16 Kota Ternate.

Ketua Panitia HUT Kota Ternate tahun 2015 Rizal Marsaoly mengatakan di Ternate, Rabu, penampilan tarian soya-soya sepanjang 42 km tersebut akan melibatkan sedikitnya 6.000 pelajar SD, SMP dan SMA sederajat di daerah ini.

Menurut dia, tarian soya-soya secara estafet tersebut akan diawali di halaman kantor Wali Kota Ternate, kemudian melewati jalan utama yang mengelilingi Pulau Ternate sepanjang 42 km hingga berakhir di halaman eks kantor Gubernur Malut di jalan Pahlawan Revolusi.

Ia mengatakan, tujuan Pemkot Ternate menampilkan tarian soya-soya dengan cara seperti itu di antaranya untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat di daerah ini mengenai pentingnya melestarikan tarian soya-soya sebagai salah satu tarian tradisional yang memiliki nilai historis di Malut.

Tarian soya-soya diangkat dari peristiwa heroik yang dilakukan Sultan Babullah dan pasukan untuk membebaskan jenazah Sultan Khairun setelah dibunuh tentara Potugis di Benteng Kastela Ternate.

Tarian itu kini menjadi tarian penyambutan para tamu atau kegiatan tertentu lainnya.

Tujuan lain dari penampilan tarian soya-soya sepanjang 42 km tersebut adalah memberi kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat yang tinggal di Pulau Ternate menyaksikan kegiatan yang digelar Pemkot Ternate dalam memeriahkan HUT ke-16 Kota Ternate.

"Tarian soya-soya tersebut akan ditampilkan sebelum puncak peringatan HUT Kota Ternate tanggal 27 April 2015. Jadwal pasti pelaksanaannya masih akan dikoordinasikan dengan seluruh pihak sekolah di Kota Ternate yang akan ambil bagian dalam kegiatan itu," katanya.

Selain menampilkan tarian soya-soya sepanjang 42 km, Pemkot Ternate juga menyiapkan berbagai kegiatan lainnya untuk memeriahkan HUT ke-16 Kota Ternate, yang dalam pelaksanaannya akan dirangkaikan dengan kegiatan Festival Legu Gam yang digelar pihak Kesultanan Ternate.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015