Ternate (Antara Maluku) - Kota Ternate optimistis bisa menjuarai Seleksi Tilawatil Qur`an (STQ) tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut), setelah mengikuti pelatihan selama 10 hari di Jakarta.

"Kini khafilah Kota Ternate telah siap untuk menjadi juara umum pada lomba STQ tingkat provinsi yang direncanakan digelar tanggal 24 April mendatang di Halmahera Utara," kata Kabag Kesra Kantor Walikota Ternate Mujais Walanda, di Ternate, Minggu.

Ia juga menyatakan pihaknya telah mengirim delapan orang peserta dari perwakilan kecamatan se-Kota Ternate untuk mengikuti pelatihan langsung oleh empat pelatih nasional, yakni Hj Marifa, Drs Muhammad Amin, Dr Umairah, dan Rizal Sag, Msi.

"Selama 10 hari itu, terdapat 27 kali pertemuan, pagi, sore dan malam. Peserta yang kami kirim ke Jakarta itu langsung dilatih oleh para pelatih nasional yang juga juara qori internasional," ujarnya.

Menurut Mujais, para peserta tersebut mengikuti latihan dari segi bacaan, mahroz, tajwid, dan segi pola pengembangan.

"Kita semua manusia berusaha, tapi Allah yang menentukan," katanya.

Khafilah Ternate meraih juara umum pada STQ di Sula, dan kini sedang mempersiapkan diri untuk meraih prestasi gemilang di Halmahera Utara.

Sehubungan dengan itu, delapan peserta yang dipersiapkan untuk mengikuti STQ tingkat provinsi diminta lebih giat berlatih agar penampilanya nanti bisa maksimal.

"Tetapi, tujuan kita bukan hanya target untuk menjadi Juara di STQ Provinsi. Kita akan berusaha untuk bersaing di tingkat nasional, sehingga minimal masuk final," ujarnya. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015