Ternate (Antara Maluku) - Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan membenahi sejumlah taman kota, mulai dari selatan hingga utara kota, guna menciptakan Kota Ternate yang indah dan berestetika.

"Memang tahun ini, kami programkan benahi taman kota seperti di alun-alun kota Ternate, direncanakan akan diperbaiki pada tahun ini. Perbaikan taman kota itu bertujun untuk menambah keindahan wajah Kota Ternate ke depan," kata Kadis DTKP Rizal Marsaoly di Ternate, Sabtu.

Menurut Rizal, sejumlah taman yang rencananya diperbaiki tersebut antara lain, Taman Kayu Merah, Tugu Taman Kalumata Pucak, dan Taman Masjid Kelurahan Sangaji, jadi taman-taman itu nantinya dibuat mirip dengan Skate Park dan Taman Nukila, dia kecil tapi unik, ada space ruang publik yang ditata disitu.

Dia mengatakan, taman tersebut nantinya menjadi semacam surprise diakhir masa jabatan Walikota Ternate Dr H Burhan Abdurahman dan untuk saat ini site pland maupun gambar taman tersebut telah direvisi kembali sehingga lebih indah lagi, karena site plannya, gambarnya sudah direvisi.

Dia menjelaskan, rencana pembangunan taman tersebut diplot dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ternate tahun anggaran 2015, jadi akan ada beberapa spot-spot taman di beberapa kelurahan yang akan ditata, termasuk untuk kelanjutan taman di Kelurahan Sangaji, jadi ada air mancur.

Bahkan, untuk rencana gambar atau site pland sejumlah taman Kota itu disesuaikan dengan karakteristik Kota Ternate dan pada intinya akan dilakukan menyesuaikan dengan karakteristik Kota, jadi dia ada yang pake air mancur, ada yang pake hiasan bunga-bunga, banyak yang dibuat khususnya di RTH.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015