Ambon (Antara Maluku) - PDI Perjuangan (PDIP) Maluku membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin diusung ke pemilihan bupati dan wakil bupati Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya, serta Buru Selatan.

"Partai kami terbuka bagi siapa saja figur yang ingin mendapatkan dukungan," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Edwin Adrian Huwae di Ambon, Senin.

Rekomendasi dari parta itu akan mengikuti mekanisme uji kalayakan dan kepatutan pendaftar, serta mempertimbangkan hasil survei tingkat keterpilihan.

Saat ini partai berlambang banteng moncong putih itu membuka pendaftaran bagi para calon bupati dan wakil bupati pada empat daerah yang akan melangsungkan pilkada serempak tahun 2015.

Empat daerah itu adalah Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya, serta Kabupaten Buru Selatan.

Menurut Edwin, PDI Perjuangan akan melakukan proses verifikasi berkas-berkas setiap bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftar.

"Kami juga akan melakukan survei kandidat dan setelah itu baru dibawa ke DPD serta DPP untuk mengikuti uji kalayakan dan kepatutan," tandasnya,

Semua pendaftar tetap diakomodir, tetapi kader partai pada kabupaten tertentu yang menonjol dan memiliki kapasitas, akan diprioritaskan.

Misalnya untuk Kabupaten Kepulauan Aru, terdapat sejumlah kader PDI Perjuangan yang menonjol di masyarakat sehingga partai akan mempertimbangkan untuk mengusungnya.

"Sedangkan untuk Kabupaten Seram Bagian Timur kami sudah membangun komunikasi dengan Nasdem, PKB dan Hanura," katanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015