Ternate (Antara Maluku) - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan memberikan sanksi denda kepada sekolah yang tidak berpartisipasi dalam lomba memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Untuk kepala sekolah yang tidak ikut lomba dikenakan denda Rp1 juta, hal ini dilakukan agar semuanya terlibat dalam rangka merayakan hari Diknas, adapun karya ilmiah dan cerita rakyat yang juga dilakukan oleh Dharma Wanita Diknas Kota Ternate namun digabungkan dengan lomba dari Diknas," kata Kadiknas Kota Ternate, Muhdar Din di Ternate, Rabu.

Dia menjelaskan, ada lomba yang dilaksanakan langsung di Diknas, juga dilaksanakan di lokasi SMP Negeri 6 Kota Ternate. Sedangkan untuk pembagian hadiah pada tanggal 2 Mei dalam acara ramah dengan Pemerintah Kota Ternate sekaligus bersamaan dengan pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Walikota Ternate yang nantinya dilanjutkan dengan pameran pendidikan yang melibatkan seluruh sekolah di Kota Ternate.

"Targetnya, dari kegiatan yang dilakukan yang pertama adalah semata-mata untuk membangun silahturahmi, dengan keyakinan bahwa satu pekerjaan bisa dilaksanakan secara baik, apabila kekompakan diantara sesama orang-orang yang ada di Diknas maka bisa terjalin dengan baik," katanya

Selain itu, berbagai lomba yang berlangsung sepekan itu, memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei yang melibatkan sejumlah siswa di Ternate.

Dia mengatakan, kegiatan dalam rangka menyambut hari Diknas pihaknya rangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kota Ternate, dalam lomba ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan dan ada beberapa bidang di Diknas yang juga melakukan lomba namun digabungkan untuk memeriahkan hari Diknas dan hari HUT Kota Ternate.

Kegiatan tersebut mulai dari kesenian, olahraga, olah pikir, sampai pada kegiatan ilmiah, lomba vokal grup untuk siswa SMA, lomba karaoke untuk kepala-kepala sekolah, tarian berpasangan tingkat SMA, puisi, pidato Bahasa Inggris, membuat gambar bercerita, seni tari kreasi baru, festival kreatifikasi seni tari, musik tradisional, dan cipta cerpen bahasa Indonesia.

"Olehnya itu, marilah sukseskan kegiatan hari Diknas dengan harapan bahwa nanti hubungan silahtuhrahmi bisa terbentuk, sehingga adanya kekompakan antara sesama pegawai yang ada di Diknas secara baik," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015