Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan memasang sejumlah kamera CCTV di sejumlah titik di Kecamatan Ternate Tengah agar saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan bisa terekam.

"Kamera CCTV ini nantinya membantu Pemerintah maupun aparat keamanan dalam mengungkap peristiwa tersebut," kata Camat Ternate Tengah, Thamrin Marsaoly di Ternate, Sabtu.

Menurut Thamrin, dikarenakan Kota Ternate dalam beberapa waktu terakhir ini sering terjadi kejadian pembunuhan yang sangat tinggi, yang terakhir kejadian pembunuhan terjadi di Kelurahan Gamalama, maka pemasangan camera CCTV ini sangatlah penting.

Sebab titik-titik camera CCTV yang dipasang terletak di pusat Kota, tepatnya di sepanjang jalan Ternate Tengah, bisa memantau sejumlah peristiwa mulai dari kasus pembunuhan hingga masalah kriminal lainnya.

"Pemerintah Kecamatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota yang sementara ini lagi melakukan pemasangan CCTV di beberapa titik, karena pemasangan CCTV ini juga sangat membantu pihak kepolisian maupun aparat lainya untuk dapat mendeteksi ketika ada kejahatan, ataupun tabrak lari, ataupun kejahatan lainnya," katanya.

Dia mengatakan, kalau dirinya belum tahu persis berapa banyak camera CCTV yang nantinya dipasang, kendati telah dipasangi camera CCTV, Thamrin mengimbau masyarakat terutama yang berdomisili di Kecamatan Ternate Tengah agar dapat menjaga kondisi ketertiban dan keamanan di Kota ini.

"Karena Kota ini milik semua orang, Kota ini dengan jumlah penduduk yang begitu padat, dengan hiruk pikuk kota yang semakin tinggi, kemudian sebagai Kota Jasa, orang masuk keluar, maka diharapkan masyarakat saling menjaga, karena tidak harus keamanan itu menjadi tanggung jawab polisi, tetapi warga juga harus bertanggung jawab, terutama RT dan RW ini juga sudah melaksanakan tugas dengan baik," katanya.

Tidak hanya itu, Mantan Kabag Humas Setda Kota Ternate ini juga mengimbau kepada para pemilik toko-toko besar yang tersebar di wilayahnya itu, agar dapat memasangi camera CCTV, sehingga pada saat terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, melalui alat perekam jarak jauh ini dapat terdeteksi, termasuk juga di tempat kos-kosan yang besar, jadi kalau bisa dipasang, untuk menjaga hal-hal terburuk.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015