Ternate (Antara Maluku) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Organisasi dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah menetapkan kuota formasi kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Ternate hingga tahun 2019 mendatang sebanyak 700 pegawai lebih.

"Kami telah laporkan ke Kemenpan dan RB bahwa untuk Kota Ternate sudah selesai, kurang lebih 700 lebih sampai tahun 2019," kata Kepala BKD Kota Ternate, Junus Jau di Ternate, Kamis.

Junus mengatakan, setelah menerima hasil kebutuhan CPNS tersebut, pihaknya masih harus menunggu hasil rapat dari tim Kemenpan dan RB untuk bisa melaksanakan perekrutan CPNS tahun 2015. Tinggal menunggu rapat yang dilakukan oleh tim Menpan, memang kemarin dari informasi terakhir dari Menpan tetap akan dilakukan setelah lebaran.

Oleh karena itu, pihaknya sudah bisa mengetahui berapa jumlah kuota yang diberikan oleh Menpan Kepada Pemerintah Kota Ternate dan khusus untuk kebutuhan formasi tahun 2015, hingga saat ini pihaknya belum dapat mengetahuinya.

"Karena kita masih harus menunggu surat dari Menpan dan sudah dilakukan verifikasi terhadap seluruh nama-nama jabatan yang dimiliki Pemerintah Kota Ternate, dan kekuranganya masih sebanyak 700 lebih sampai di tahun 2019," ujarnya.

Dia mengatakan, dari 700 lowongan tersebut, masing-masing terdiri dari, formasi yang kosong, dan formasi untuk menggantikan para PNS yang pensiun.

Selain itu, perekrutan CPNS pada tahun 2015 ini, dibuka untuk umum, tidak diprioritaskan bagi para tenaga Honorer maupun PTT. Kalau tes umum itu samua punya hak yang sama.

Junus juga menambahkan, sistem perekrutan CPNS bagi pelamar umum ini, nantinya diberlakukan juga pada pegawai Kategori 2 (K2). Kategori 2 ini memang informasi dari Menpan itu belum pasti, apakah secara otomatis diangkat sama dengan K1, ataukah tetap diseleksi, kalau diseleksi maka dilakukan sama dengan seleksi umum pakai CAT. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015