Ternate (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan menggelar operasi pasar dengan menyiapkan berbagai sembilan bahan pokok (sembako) dengan harga murah pada menjelang Ramadan nanti.

"Di bulan Ramadan nanti, Disperindag akan melakukan operasi pasar dengan menjual sembako, sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan warga menjelang Ramadan dengan harga murah," kata Kabid Perdagangan, Disperindag Kota Ternate, Hairul Arif Saleh di Ternate, Kamis.

Menurut dia, dalam operasi pasar tersebut, juga diadakan pengawasan selama operasi pasar berlangsung dan titik operasi pasar itu di Kota Ternate dan Pulau Ternate.

Sedangkan, titik operasinya akan berada di sejumlah pasar, namun akan dilakukan pemantauan agar dapat mengetahui titik dimana saja yang akan diadakan operasi pasar, agar penyalurannya tepat sasaran, sehingga pemantauan diadakan setiap harinya menjelang Ramadan.

"Dalam operasi pasar di bulan Ramadan nanti, kita memfasilitasi menjual sembako kepada kalangan tertentu dan kita berharap pada saat-saat tertentu ini dapat membantu masyarakat Kota Ternate dan Pulau Ternate," katanya.

Selain itu, pihaknya akan tetap adakan pengawasan dan pemantauan untuk menjaga kestabilan operasi pasar itu sendiri, karena momentum Ramadan dimanfaatkan para pedagang untuk menaikkan harga sembako, menyusul tingginya permintaan masyarakat.

Sementara itu, di tempat terpisah, menjelang Ramadan PT Pelindo akan menyiapkan tim khusus yang bekerjasama dengan instansi terkait dan Kepala Seksi Operasional (KSOP) untuk mendukung aktivitas pelayaran dari dan ke Ternate.

Manager PT Pelindo Etinita Lase ketika dikonfirmasi menyatakan, sejumlah keamanan yang diarahkan PT Pelindo yang merupakan tim khusus yang akan melakukan penjagaan guna untuk keamanan pada pengguna pelabuhan Ahmad Yani.

Sebab, di Pelabuhan Ahmad Yani ada beberapa stake holder yang mempunyai tupoksi masing-masing seperti Pelindo yang merupakan jasa layanan penumpang dan pemuatan ada juga jasa layanan perhubungan.

"PT Pelindo hanya menyiapkan jasa layanan dan fasilitas kebutuhan para pengguna jasa pelabuhan, sehingga Pelindo akan menyelenggarakan tim khusus dalam menjelang Ramadan hingga lebaran untuk menjaga kestabilan pengguna layanan pelabuhan dan kenyamanan jasa angkutan penumpang," katanya.

Menurut dia, menjelang Ramadan hingga Lebaran, kami sudah siap dengan mengadakan tambahan tenaga pengamanan di areal dermaga, guna menjaga keamanan pada pemudik sehingga tidak terjadi hala-hal yang diinginkan, maka PT Pelindo sudah melakukan penjagaan keamanan bersama KSOP untuk menjaga keamanan aktifitas selama menjelang Ramadan maupun lebaran. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015