Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon akan merekrut tenaga pendamping bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2015.

Tahun 2015, sebanyak 290 Kepala Keluarga (KK) di kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon akan menerima bantuan PKH, karena itu perlu dilakukan penambahan tenaga pendamping, kata Kepala Bidang Ekonomi Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Kota Ambon, Chris Tukloy di Ambon, Selasa.

"Tenaga pendamping saat ini masih sedikit, jumlah tenaga pendamping PKH di Kota Ambon yang selama ini mendampingi empat kecamatan berjumlah 12 orang, jika ditambah satu kecamatan lagi maka perlu dilakukan penambahan tenaga," katanya.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu format dari Kementerian Sosial untuk proses perekrutan tenaga pendamping, selanjutnya akan dibuka pendaftaran bagi para pendamping.

"Data penerima bantuan selalu berubah setiap tahun, untuk masing-masing kecamatan selalu mengalami perubahan, sehingga peran penting pendamping itu sangat diperlukan," katanya.

Chris mengatakan, setelah proses pendaftaran para pendamping akan menjalani tes tertulis dan wawancara. Peserta yang dinyatakan lulus seluruh pembiayaan sebagai pendamping akan diberikan Kementerian Sosial.

"Honor pendamping itu langsung dari pusat, pemerintah daerah tugasnya hanya untuk merekrut dan proses tes dilakukan di provinsi. Setelah dinyatakan lulus maka pandamping sudah bisa bekerja ," ujarnya.

Pihaknya, telah mengajukan proposal ke Kementerian Sosial melalui Dirjen Perlindungan Sosial dan telah mendapatkan jawaban penerimaan bantuan bagi Kecamatan Leitsel.

Kurang lebih 290 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di kecamatan tersebut yang akan menerima bantuan PKH dari pemerintah pusat.

"Dalam waktu dekat KSM di Kecamatan Leitimur Selatan akan menerima bantuan karena anggarannya akan dicairkan lewat APBN-Perubahan tahun 2015," ujarnya.

Chris menambahkan, penyaluran dana PKH, tahap satu telah selesai dan hanya diberikan bagi empat kecamatan, sehingga bantuan PKH bagi kecamatan ini dimasukan dalam APBN-P.

Tahun ini, lanjutnya, ada penambahan sebanyak 500 ribu KK penerima bantuan PKH termasuk di dalamnya 290 KK dari Kecamatan Leitimur Selatan.

"Kita masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari kementerian dan kapan anggaran itu dicairkan. Tugas kita adalah mengawasi agar bantuan itu tepat sasaran atau tidak karena itu yang paling penting," ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015