Ternate (Antara Maluku) - Calon siswa luar daerah yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah yang ada di Kota Ternate, Maluku Utara, akan diberikan kuota lima persen melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadiknas) Kota Terate Muhdar Din di Ternate, Sabtu, mengatakan kuota yang ditetapkan bagi peserta luar Kota Ternate hanya lima persen dan pertimbangannya adalah di semua kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara sudah berkembang dan banyak kualitas sekolah sama seperti di Kota Ternate.

"Kuota untuk siswa dari luar daerah hanya lima persen karena kita berharap siswa jangan hanya terfokus di Kota Ternate tetapi tersebar di seluruh sekolah di kabupaten/kota," ujarnya.

Menurut dia, upaya ini bertujuan agar sekolah di Kabupaten Kota juga mendapatkan siswa, tidak kekurangn siswa, sebab sekolah dimana pun pemberlakuan kurikulum tetap sama, karena PPBD online juga tidak dipungut biaya sebab targetnya adalah menghindari pungutan dan nepotisme.

Bahkan, pada awal pekan ini telah dilakukan pra pendaftaran dan verifikasi berkas bagi calon peserta PPDB Online luar Kota Ternate di Diknas Kota Ternate.

Sedangkan, untuk PPDB Online 2015 di Kota Ternate, diberlakukan di 19 sekolah di tingkat menengah pertama dan menengah atas.

"Untuk menengah pertama ada tujuh sekolah yaitu enam SMP dan satu Madrasyah Tsanawiyah Negeri, sedangkan tingkat atas ada 12 sekolah yaitu tujuh SMA dan lima SMK ditambah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN Model)," katanya.

Dia mengatakan, pendaftaran PPDB Online dimulai 1 - 4 Juli 2015. SMP yang menerima pendaftaran PPDB Online diantaranya SMP Negeri 1 Kota Ternate, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 5,SMPN 6,SMPN 7, dan MTs Negeri.

Sedangkan tingkat SMA diantaranya SMA Negeri 1, SMAN 2, SMAN 3,SMAN 4,SMAN 5, SMAN 8,SMAN 10 dan MAN Model Ternate. Selanjutnya SMK Negeri 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4 dan SMK Negeri 5 Kota Ternate.

Menurutnya, syarat pendaftaran PPDB Online bagi siswa di luar Kota Ternate adalah membawa bukti ikut pra pendaftaran dan seleksi berkas perpindahan dari Dinas Pendidikan sekolah asal siswa yang bersangkutan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015