Ternate (Antara Maluku) - BKKBN Maluku Utara menggelar pelatihan bagi kader dan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) di seluruh kabupaten/kota provinsi tersebut dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2015.

"Harganas jatuh hari ini, tanggal 29 Juni. Namun bertepatan dengan bulan Ramadan, peringatannya kami alihkan dengan memperbanyak pelatihan kader dan PLKB," kata Sekretaris Perwakilan BKKBN Maluku Utara Thamrin M Nur, di Ternate, Senin.

Menurut dia, BKKBN provinsi ini merayakan Harganas secara sederhana dengan mengumpulkan PLKB dan kader dari kabupaten/kota di Ternate.

Kegiatan peringatan Harganas 2015 juga dilakukan bersama Korem 152/Babullah Ternate dengan menggelar berbagai kegiatan, salah satunya dialog interaktif dalam program Bincang Merah Putih.

Dialog interaktif yang membahas tentang pentingnya mengendalikan jumlah penduduk tersebut dikemas dalam pembahasan keterbatasan geografi dan sumber daya alam di Maluku Utara, sehingga ke depan tidak menimbulkan permasalahan demografi yang baru.

"Jumlah pengguna KB Aktif di daerah ini cenderung rendah. Karena itu BKKBN Perwakilan Malut bekerja sama dengan pihak TNI untuk mensukseskan Program 2 Anak Cukup," kata Thamrin.

Dalam kerja sama itu, para Babinsa dikerahkan untuk mengadakan pelayanan secara rutin di setiap kabupaten/kota untuk meningkatkan jumlah pengguna KB.

Kegiatan lainnya berupa lomba-lomba bertema keluarga sehat dan sejahtera, di antaranya penyuluhan tribanda dan melukis, yang dipusatkan di benteng Fort Oranje, Kota Ternate. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015