Ambon (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah mempersiapkan penyelenggaraan pasar murah pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat di pasar Binaya, kota Masohi pada 11 - 12 Juli 2015.

"Pasar murah yang dijadwalkan dibuka Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal itu menjual kebutuhan bahan pokok masyarakat," kata Kadis Perindag setempat, Kace Pattiasina, dihubungi dari Ambon, Selasa.

Kegiatan menyambut perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah itu melibatkan sub disributor yang selama ini memasok bahan pokok masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah dan para pengusaha di pasar Binaya.

"Kami prioritaskan umat Islam untuk berbelanja di pasar murah sebagai bagian dari program Pemkab Maluku Tengah berbagi kasih saat perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah," ujarnya.

Sebelumnya kupon telah dibagikan kepada masyarakat untuk berbelanja sesuai kebutuhan bahan pokok menyambut perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Jadi bahan pokok yang dijual sesuai harga pokok karena disubsidi Pemkab Maluku Tengah," kata Kace.

Disinggung bahan pokok masyarakat, dia menjelaskan, stoknya terjamin guna memenuhi kebutuhan warga Maluku Tengah hingga beberapa bulan kedepan.

"Kami mengintensifkan pemantauan, baik di pasar - pasar maupun gudang distributor dua kali sepekan sehingga memastikan stok bahan pokok terjamin," tegas Kace.

Dia menambahkan, menjelang perayaan hari keagamaan stok telur, tepung terigu, gula pasir, daging ayam, cabe, tomat dan kentang biasanya mengalami kenaikan harga.

"Kebutuhan bahan - bahan tersebut melonjak sehingga mempengaruhi harga karena stok berkurang dan tim intensif melakukan pengawasan," kata Kace Pattiasina.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015