Ternate, 18/8 (Antara Maluku) - KPU Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pertemuan bersama pihak terkait untuk penetapan zona atribut kampanye pasangan calon yang bertarung di pilkada 9 Desember 2015.

Ketua Divisi Hukum dan Teknis KPU Kota Ternate, Soleman Patras di Ternate, Senin, mengatakan pihaknya telah menggandeng Panwaslu, Kapolres, Kantor Bahasa Malut, MUI Malut, Dinas Tata Kota dan tim kampanye pasangan calon, guna membahas desain baliho kampanye, penetapan zona pasangan calon dan jadwal kampanye.

"Dalam mendesain baliho, KPU Ternate mengundang Kantor Bahasa Malut dan MUI Malut, guna menkaji dan memaknai setiap kata-kata, dan MUI melihat dari sisi fiqih bagaimana bahasa yang ditentukan," katanya.

Makna dan kata yang nanti dimasukkan, kata dia, tidak boleh saling menjatuhkan atau menyinggung. Jika semuanya sudah memenuhi syarat maka kantor bahasa merekomendasikan ke KPU Ternate untuk mencetaknya.

Untuk penetapan baliho, KPU Ternate akan berkoordinasi dengan Dinas Tata Kota guna menentukan wilayah mana saja yang layak menjadi titip penempatan baliho dan atribut kampanye.

"Jadi pemasangan baliho tidak ada satu balon yang nanti dominan di Kelurahan,namun semua satu titik pasangan calon diletakan, karena satu pasangan calon 5 baliho, sedangkan untuk spanduk dua buah setiap Kelurahan dan umbul-umbul 20 buah per Kecamatan," katanya.

Sementara itu, ditanya mengenai ijazah bakal calon (balon) yang telah diverifikasi oleh KPU Ternate bersama Panwaslu terkait keabsahan ijasah balon Walikota dan Wakil Walikota Ternate.

Soleman mengatakan, hasil penelusuran empat Balon yakni pasangan Burhan Abdurahman/Abdulah Dano Taher, pasangan Sidik Dero Siokona/Jasman Abubakar, pasangan Sudjud Sirajuddin/Arifin Jafar dan pasangan Rachman Soleman/Anwar Hasim, semuanya teregistrasi di perguruan tinggi yang tertera pada ijazah masing-masing.

Dia menyatakan ijasah, Sujud Sirajuddin S3 jurusan hukum Universitas Pajajaran Bandung, Arifin Jafar S2 juruan pertanian Universitas Khairun Ternate.

Jasman Abubakar S1 jurusan usuludin IAN Alaudin Ambon, Burhan Abdurahman S3 UMI Makassar, Sidik Dero Siokona S3 jurusan linguistik Unsrat Manado. Rahman SolemanS2 ilmu hukum UNPAT Surabaya, Anwar Hasim, S1 jurusan hukum Unkhair Ternate.

"Semua ijasah Balon aman karena teregistrasi di masing-masing perguruan tinggi dan ada tanda buktinya," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015