Ternate, 19/9 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Pemkot Ternate, Maluku Utara (Malut) memfokuskan untuk menyediakan air bersih di Kota Ternate pada tahun 2015 terutama di sejumlah daerah yang belum terjangkau pelayanan PDAM dan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Dari tujuh kecamatan, tiga kecamatan Kota Ternate diantaranya berada di luar Pulau Ternate yakni Kecamatan Moti, Batang Dua dan Hiri, ini menjadi fokus pemda dalam menyediakan air bersih ke masyarakat setempat," kata Pejabat Wali Kota Ternate Idrus Assagaf di Ternate, Jumat.

Pernyataan Wali Kota itu disampaikan menyusul adanya keluhan yang disampaikan warga di tiga pulau tersebut, karena selama musim kemarau ini warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Untuk itu, Pemkot Ternate telah mencanangkan penuntasan berbagai masalah air bersih di kota Ternate pada tahun ini, apalagi saat ini Kota Ternate dalam kondisi kemarau, sehingga kebutuhan air bagi warga terutama di daerah lereng Gunung Gamalama seperti di Foramadiahi dan Torano yang kini kesulitan mendapatkan air bersih.

Menurut Wali Kota, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah guna menyelesaikan persoalan air bersih pada beberapa kawasan yang selama ini belum pernah menikmati air bersih.

"Di beberapa kawasan seperti Jan, Tabona, Marikurubu dan terkahir kemarin di Toboleu puncak, alhamdulillah sudah bisa menikmati air bersih dan ada juga beberapa wilayah lainnya di kota Ternate, juga akan menikmati air bersih," katanya.

Sejak empat tahun terakhir, Pemkot terus melakukan upaya-upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat utamanya air bersih dan diharapkan pada tahun 2015 bisa tuntas.

Selain di dalam wilayah pulau Ternate, penyelesaian masalah air bersih juga dilakukan pada kecamatan di luar pulau Ternate antara lain di Hiri, Batang Dua dan Moti yang juga menjadi prioritas namun akan diselesaikan secara bertahap.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015