Ambon, 19/9 (Antara Maluku) - Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh dalam kunjungannya ke Kota Ambon, Provinsi Maluku, menawarkan program beasiswa untuk lima pegawai negeri sipil dan pengusaha.

Beasiswa pendidikan ini sebagai kerja sama untuk membangun Ambon, kata Dubes India dalam pertemuan dengan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Jumat.

Menurut Gurjit, beasiswa tersebut juga bertujuan meningkatkan kapasitas bagi generasi mudan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu pihaknya juga menyediakan beasiswa bagi satu orang jurnalis Ambon, untuk melakukan pelatihan di India.

"Tahap selanjutnya kami akan mengirimkan surat kepada Pemrintah Kota Ambon terkait tawaran tersebut secara lengkap. Kami berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah India telah bekerja sama dengan kurang lebih 100 institusi dari negara berkembang di bidang pelatihan.

"Kunjungan saya untuk melihat langsung apa yang bisa kami bantu untuk Kota Ambon, kami berharap apa yang dilakukan dapat membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Diakuinya , Indonesia dan India memiliki kesamaan sejarah dan hubungan kerjasama yang terjalin sejak dahulu di bidang kebudayaan, pendidikan dan investasi.

Indonesia dan India lanjutnya juga merupakan negara yang populasi penduduk terbanyak di Asia, dan didominasi oleh kaum muda, sehingga hubungan kerja sama bidang pendidikan perlu ditingkatkan..

"Tawaran ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi generasi muda, karena dengan pendidikan yang baik akan tercipta generasi penerus yang baik untuk mensejahterakan bangsa dan negara," katanya.

Sementara itu Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy memberikan apresaisi yang tinggi atas kunjungan dan tawaran kerja sama yang disampaikan Dubes india.

"Kami bersyukur karena Kota Ambon mendapat perhatian yang sangat baik, kami berharap upaya ini semakin mendekatkan hubungan Ambon dan India," katanya.

Ia menyatakan, kehadiran Dubes India saat peluncuran program Mengente Ambon di Jakarta April 2015, merupakan langkah awal kerja sama.

"Saya sangat berharap setelah kehadiran Yang Mulia Dubes India pada acara Mangente Ambon, dapat melakukan kunjungan ke Ambon. Ternyata apa yang diharapkan terwujud, kami berharap kehadiran Dubes dan istri di Ambon memberikan dampak positif di tingkat nasional dan internasional," ujar Richard.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015