Ambon, 23/9 (Antara Maluku) - Yayasan Masjid Raya Alfatah Ambon akan memotong 14 sapi untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin pada perayaan Hari Raya Kurban (Idul Adha).

"Pada hari pertama seusai Salat Idul Adha kami akan memotong empat hingga lima ekor sapi, dan akan dilanjutkan lagi pada hari berikutnya hingga selesai 14 ekor sapi yang merupakan hewan kurban di Masjid raya Al Fatah Ambon," kata Ketua Yayasan Masjid Raya Alfatah Ambon, R.R. Hasanusi, di Ambon, Rabu.

Seluruhnya ada 18 sapi yang masuk ke Yayasan Al Fatah merupakan sumbangan dari Presiden RI, Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Kapolda Maluku, Kejaksaan Tinggi, Wali Kota Ambon ditambah dari sejumlah donatur dan pihak Yayasan Al Fatah sendiri.

Selain sapi, ada juga sumbangan dua ekor kambing.

Namun, enam sapi sudah dibagikan sejak Selasa (22/9) ke sejumlah masjid, pesantren dan juga desa yang mengajukan permohonan guna mendapatkan bantuan hewan kurban.

"Memang masyarakat Ambon melihat banyak hewan kurban yang masuk ke halaman Masjid raya Al Fatah pada saat acara penyerahan sumbangan, saya mau katakan bahwa hewan-hewan kurban sumbangan itu tidak semuanya milik Yayasan hanya saja penyerahan itu biasanya berlangsung di Masjid Al Fatah," ujarnya.

Seperti yang terjadi kemarin, Selasa (22/9), lanjutnya, Wali Kota Ambon atas nama Pemerintah Kota menyerahkan 20 ekor sapi dan 60 ekor kambing kepada sejumlah masjid di Kota Ambon namun acara penyerahannya di halaman Masjid Al Fatah, sesudah itu Masjid-Masjid tertentu langsung mengambilnya.

Karena itu yang nantinya dipotong secara bertahap di Masjid raya Al Fatah hanya 18 ekor sapi dan dua ekor kambing, dan rencananya besok dimulai dengan pemotongan lima ekor sapi sesuai jadwal pada pukul,11.00 WIT seusai salat Idul Adha.

Dia menambahkan, untuk tertipnya pembagian daging hewan kurban Yayasan Masjid raya Al Fatah telah edarkan 500 kupon khusus bagi fakir miskin di lingkungan Masjid AlFatah, rumah sakit Al Fatah, karyawan gedung Ashari, sejumlah masyarakat di pasar lama dan di kawasan Tugu Trikora.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015