Ambon, 7/10 (Antara Maluku) - Kepala Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku Faisal Assagaff mengatakan, penyaluran beras untuk keluarga miskin atau yang disebut Raskin 14 akan disalurkan pada Nopember 2015.

"Itu sudah sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat. Raskin 13 disalurkan sekarang ini," ujarnya, di Ambon, Rabu.

Dia menjelaskan, penyaluran Raskin 14 nanti bersamaan dengan Raskin reguler jatah setiap bulan itu.

"Jadi kalau penyaluran Raskin reguler pada bulan Nopember dan Desember bagi kecamatan-kecamatan yang belum mengajukan permintaan sampai bulan Desember jatah Raskin tahun 2015 nantinya disalurkan sekaligus dengan Raskin 14," katanya.

Sedangkan bagi kecamatan-kecamatan pada beberapa kabupaten yang jatah Raskin regulernya sudah diambil sampai dengan bulan Desember maka akan diinformasikan agar Pemerintah setempat segera mengeluarkan permintaan untuk raskin 14 dan juga Raskin 13.

Faisal menjelaskan, jatah Raskin 14 sama dengan jatah Raskin reguler yakni 15 kg/kk juga harganya Rp1.600/kg, tidak ada perbedaan baik jumlahnya maupun harganya tetap sama.

"Begitu juga dengan jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima manfaat," katanya.

Jadi bulan Nopember baru bisa disalurkan khusus untuk Rskin 14, lanjutnya, kecuali Raskin 13 yang sekarang ini sedang disalurkan sesuai dengan permintaan Pemda setempat.

Dia menambahkan, jatah beras Raskin yang disalurkan pemerintah itu merupakan jatah tambahan, mengingat harga beras di pasaran sekarang ini relatif mahal. Jadi tujuannya untuk mengurangi beban hidup masyarakat miskin atau yang kurang mampu maka pemerintah menyalurkan Raskin 13.

"Jadi nanti kita tunggu saja di bulan Nopember kabupaten mana yang mengajukan permintaan Raskin 14 terus disalurkan," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015