Ternate, 8/10 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, memastikan, kebakaran di lereng Gunung Gamalama yang menghanguskan ribuan tanaman warga selama dua pekan terakhir telah padam.

"Setelah tim gabungan meliputi Pemkot Ternate, TNI/Polri, Satpol PP, warga Kelurahan Tobololo dan Tubo melakukan peninjauan dipastikan titik api di kawasan pegunungan Gamalama telah padam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Hasyim Yusuf di Ternate, Kamis.

Lokasi kebakaran sejak 22 September 2015 hingga hari ini, berdasarkan hasil peninjauan ke beberapa lokasi ternyata tidak ada lagi kebakaran, hanya terlihat bara api dan telah penanganan.

Hasyim memperkirakan, tidak akan terjadi lagi kebakaran hutan, karena titik api telah dipadamkan.

Dia meminta warga agar tidak membakar di daerah pegunungan Gamalama karena kemungkinan api akan membesar sehingga menyulitkan pemadaman.

BPBD Kota Ternate, selama dua pekan terakhir,mendirikan dapur umum di sejumlah titik kebakaran hutan untuk membantu para tim melakukan pemadaman api.

Dapur umum untuk membantu warga dan petugas yang melakukan pemadaman api di beberapa Kelurahan, termasuk di Kelurahan Kulaba.

Menurut dia, dapur umum yang didirikan itu dibuka pada siang dan malam hari.

"Dapur umum setiap hari menyediakan menu makanan untuk warga dan petugas yang memadamkan api, sehingga bisa intensif menyelesaikan tugasnya," kata Hasyim.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015