Ambon, 25/11 (Antara Maluku) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon menargetkan Rumkital dr. F.X. Suhardjo menjadi lembaga pelayanan kesehatan unggulan untuk sektor kelautan.

"Secara pelan-pelan sedang diarahkan ke sana karena target kami adalah menjadi rumah sakit unggulan untuk sektor kelautan," kata Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo, Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah di Ambon, Selasa (24/11).

Guna menjadi rumah sakit unggulan di bidang kelautan yang tidak hanya melayani TNI AL tapi juga masyarakat luas, Rumkital dr. F.X. Suhardjo sudah mulai menambah sarana-prasarana, memperluas bangunannya, membangun lebih banyak kamar rawat inap dan melengkapinya dengan fasilitas-fasilitas pendukung, seperti kamar mandi dan pendingin ruangan, sejak Juni 2015.

Tak hanya itu, Hisnindarsyah mengatakan dari sisi pelayanan kesehatan, pihaknya juga tengah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Karenanya, selain memberikan pelayanan di rumah sakit, Rumkital dr. F.X. Suhardjo juga rutin menggelar pelayanan kesehatan massal dan bakti sosial langsung di masyarakat.

"Kami menerima pasien-pasien yang menggunakan Jamkesmas, Askes maupun BPJS Kesehatan, bahkan kalau ada pasien yang tidak mampu membayar lebih tetap dibantu sebisa mungkin karena bagi kami pasien adalah yang utama, jangan biarkan pasien mati hanya karena tidak ada uang," ucapnya.

Dikatakannya, selain ruangan-ruangan pemeriksaan khusus, saat ini Rumkital dr. F.X. Suhardjo memiliki dua ruang operasi, 32 kamar dengan 72 tempat tidur, yang terdiri dari kelas VIP untuk satu orang, kelas I untuk dua orang pasien, kelas II untuk empat orang, dan kelas III untuk delapan orang.

Dari sisi petugas kesehatan, saat ini ada empat orang dokter umum, empat orang dokter gigi, satu dokter mata, satu dokter emergensi, terapis hyperbaric chamber, dan enam orang dokter pembantu tidak tetap (PTT).

"Basic saya sendiri emergensi dan kesehatan kelautan jadi saya di sini sebagai kepala rumah sakit merangkap kepala Hyperbaric Chamber, punya kami ini sudah ada sejak tahun 1984," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015