Ambon, 4/12 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendorong pengembangan wisata bahari sebagai sektor unggulan pariwisata melalui berbagai kegiatan bahari.

"Potensi bahari saat ini menjadi salah satu sektor unggulan yang menjanjikan dan menjadi fokus pengembangan pariwisata di kota Ambon," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Henry Sopacua, di Ambon.

Menurut dia, pengembangan wisata bahari terus dilakukan melalu promosi dan kegiatan penunjang seperti lomba mancing ikan di kawasan pantai Tehulessy negeri Hukurilla kecamatan Leitimur Selatan.

"Lomba mancing akan dilaksanakan Sabtu (5/12) dan diikuti kurang lebih 350 orang pemancing di Pulau Ambon, dalam rangka meningkatkan potensi bahari kota Ambon," katanya.

Menurut dia, potensi bahari kota Ambon tidak kalah menarik dengan wisata seni dan budaya, selain karena keindahan pantai dan laut, tetapi juga partisipasi masyarakat yang mendukung pengembangan wisata.

"Potensi wisata bahari Ambon menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, sehingga pihaknya fokus melakukan pengembangan dan perbaikan infrastruktur penunjang," katanya.

Wisata bahari, kata Henry menjadi daya tarik bagi para wisatawan, karena keindahan pantai dan bawah laut di Ambon menarik untuk dikunjungi

Setidaknya ada puluhan lokasi diving tersebar di Pulau Ambon yakni di kawasan Latuhalat, Amahusu, Teluk dalam, Hukurila, Laha dan kawasan pulau tiga kecamatan Leihitu Barat. Serta wisata pantai di lima kecamatan di kota Ambon

"Lomba mancing ikan telah digelar sejak tahun 2012 dan mendapat respon positif dari masyarakat pencinta bahari, sekaligus sebagai upaya melestarikan dan membersihkan laut, " katanya.

Ia mengakui, meningkatkan pariwisata sebagai sektor unggulan pihaknya terus berbenah, bukan hanya infrastruktur penunjang tetapi sumber daya manusia dan faktor pendukung lainnya.

"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian pariwisata dan pihak swasta untuk mewujudkan Ambon sebagai kota tujuan wisata. Masih banyak kendala yang dihadapi tetapi itu kami berupaya menyiapkan diri," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015