Ambon, 9/2 (Antara Maluku) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Ambon telah membentuk tim penjaringan atau tim pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota setempat.

"Ketua penjaringan yakni saudara Costantinus Karesina dan Jerry Tipialy sebagai sekretaris," kata Sekretaris DPC PDI-P Kota Ambon Jafri Taihutu yang didampingi Ketua DPC Jammes Maatita di Ambon, Selasa.

Seluruh hal berkaitan dengan administrasi sedang disiapkan tim penjaringan dan diharapkan hari Kamis (11/2) DPC PDI-P Kota Ambon sudah bisa menerima pendaftaran calon-calon wali kota maupun calon-calon wakil wali kota Ambon yang akan bertarung tahun pilkada 2017 mendatang.

"Tidak ada biaya pendaftaran bagi para calon dari proses pendaftaran yang akan mendaftar ke DPC PDIP Kota Ambon sesuai dengan arahan dari dewan pimpinan pusat," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai surat petunjuk dari DPP pendaftaran hanya dibuka sampai dengan tanggal 29 Februari 2016, sebab setelah itu ada proses lebih lanjut dari penjaringan bakal calon.

Jafri menambahkan, sikap dan pandangan PDIP berdasarkan surat pimpinan pusat DPP Nomor 122 4/Internal/DPP/II-2016, yang isinya bersifat instruksi tentang penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDIP tahun 2017.

Ketua DPC PDIP Kota Ambon Jammes Maatita mengatakan, sesuai mekanisme dan juga keputusan rakernas bahwa penjaringan calon kepala daerah untuk tingkat I dan II harus dilaksanakan satu tahun menjelang proses pemilihan kepada daerah.

"Untuk Kota Ambon tahun 2017 pada bulan Februari, itu berarti bulan Februari tahun 2016 ini menjadi proses penjaringan sebab satu tahun itu dicantumkan beberapa hal yang perlu dilakukan khususnya di DPP yang terkait dengan pencalonan kepala daerah," ujarnya.

Yang pertama, lanjutnya, adalah bahwa calon-calon kepala daerah yang nantinya akan mendaftar di PDIP Kota Ambon dan kemudian akan diverifikasi oleg tim yang sudah dibentuk oleh partai lalu kemudian dilakukan proses penjaringannya. Setelah itu para calon ini akan mengikuti sekolah kader, yang sudah tentu akan diberikan materi-materi terkait dengan tugas dan tanggung jawab calon sebagai kepala daerah.

Selain itu sudah pasti ada juga materi-materi pemerintahan dan juga yang terkait dengan sinkronisasi program kegiatan dengan visi-misi pemerintah pusat dalam hal ini oleh Presiden dan Wakil Presiden yang di dalamnya itu juga ada visi-misi PDIP.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016