Ambon, 12/2 (Antara Maluku) KM. Louser, kapal penumpang milik PT. Pelni, dalam pelayarannya dari Surabaya ke kawasan timur Indonesia, akan menyinggahi pelabuhan Yos Soedarso Ambon pada 21 Februari 2016, sekaligus menggantikan jalur KM. Kelimutu.

"Jadi tidak ada pergantian jalur pelayaran, yang ada hanya pergantian kapal dari KM. Kelimutu ke KM. Louser," kata Kepala Operasi PT. Pelni Cabang Ambon Samto di Ambon, Jumat.

Jalur yang akan dilalui Louser, lanjutnya, sama dengan Kelimutu, yakni tiba di Ambon tanggal 21 Februari 2016 pukul, 3.00 WIT dan akan berangkat pukul, 7.00 WIT menuju pelabuhan Amahai, Banda, Larat, Saumlaki, Tual, Dobo, Timika, Agats, Merauke pulang pergi.

Sedangkan Kelimutu akan berlayar menggantikan jalur pelayaran Louser yakni dari Surabaya menuju Kalimantan.

"Jadi tidak ada persoalan dengan pergantian kapal putih milik PT. Pelni KM. Louser dengan KM. Kelimutu," katanya.

Dia mengatakan, selama ini ada delapan kapal putih milik Pelni yang melayani rute pelayaran dari Surabaya maupun Jakarta menuju kawasan timur dan yang menyinggahi pelabuhan Ambon masing-masing KM. Dobonsolo, KM. Cerimai, KM. Dorolonda, KM. Ngapulu, KM. Tidar, KM. Louser, KM. Panggrango dan KM. Sangiang.

PT. Pelni tetap melayani masyarakat di daerah ini dengan menempatkan delapan kapal putih yang menyinggahi pelabuhan Ambon.

"Jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal Pelni selalu diumumkan di depan Kantor Pelni Cabang Ambon," ujarnya.

Bahkan kepada penumpang yang akan berangkat dengan menggunakan kapal Pelni, lanjutnya, juga disarankan untuk membeli tidak jauh hari sebelum kedatangan kapal.

Disinggung mengenai jumlah penumpang saat ini, Samto mengatakan, biasa saja, tidak terlalu banyak seperti menjelang liburan sekolah maupun liburan hari raya keagamaan.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016