Ambon, 17/2 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff melantik Bupati - Wakil Bupati Seram Bagian Timur dan Bupati - Wakil Bupati Kepulauan Aru, masa jabatan 2016-2021, di Ambon, Rabu.

Bupati - Wakil Bupati SBT yang dilantik yakni Mukti Keliboas-Fachri Husni Alkatiry, serta Bupati - Wakil Bupati Aru, Johan Gonga-Muin Sogalrey.

"Proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik dibawah kepemimpinan Bupati - Wakil Bupati terpilih bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat di daerah," kata Gubernur Said.

Menurut dia, ada empat pilar yang harus dipenuhi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Pertama manajemen pemerintahan yang baik. Kedua kehidupan demokrasi dan politik yang bermoral. Ketiga penegakan hukum yang adil dan keempat pertumbuhan ekonomi yang memadai.

"Kunci utama untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat tersebut, sangat ditentukan oleh kepemimpinan saudara-saudara sebagai Bupati - Wakil Bupati dalam mengelola pemerintahan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintah yang baik," tandasnya.

Gubernur menegaskan segera mempelajari masalah-masalah di internal pemerintahan, perencanaan, administrasi kepegawaian, kelembagaan, tata kelola keuangan, pemberdayaan masyarakat dan urusan-urusan yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Sebagai daerah yang masih terus berpacu dengan pembangunan, potensi kedua kabupaten ini belum banyak tereksplorasi.

"Saya minta Bupati - Wakil Bupati bekerja keras. Dorong terus pergerakan roda perekonomian dan pembangunan, upayakan peningkatan sumber-sumber pendapatan asli daerah serta permudah hadirnya investasi, sehingga membuka lapangan kerja baru," katanya.

Gubernur juga meminta Bupati - Wakil Bupati turun menemui rakyat agar dapat mengetahui apa kebutuhan mereka, perbanyak program pemberdayaan masyarakat, pastikan warga mendepatkan kebutuhan air bersih, bahan pokok , BBM, anak-anak dapat bersekolah.

Selanjutnya, petugas di rumah sakit dan Puskesmas mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik, tersedianya akses transportasi antardesa dan masih banyak masalah lainnya yang perlu diselesaikan.

Kuncinya adalah kerja keras dan cerdas serta ciptakan aparatur birokrasi yang prima pada semua sektor serta jadikanlah rakyat sebagai tuan di rumahnya sendiri.

"Saya juga menegaskan kepada Bupati - Wakil Bupati agar betah berada di daerah sehingga secara langsung dapat mengontrol jalannya penyelenggarahan pemerintahan," ujar Gubernur Said.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016