Ternate, 29/3 (Antara Maluku) - Pasangan Hendrata Thes-Zulfahri Abdullah (HT-Zadi) memenangi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada di 11 TPS Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara yang diselanggarakan pada Senin (28/3).

Ketua KPU Kabupaten Kepsul, Bustamin Sanaba, dihubungi dari Ternate, Selasa, mengatakan, PSU di 11 TPS pada empat kecamatan umumnya berlangsung dengan aman.

Bahkan, dalam pleno rekapitulasi di tingkat PPK, para saksi umumnya menerima hasil PSU dan menempatkan pasangan HT-Zadi yang diusung koalisi Partai Demokrat, PKS, Hanura dan PKB mnmang di 10 TPS.

Sedangkan di TPS 130, pasangan Safi Pauwah-Faruk Bahnan menang dengan memperoleh 132 suara, disusul HT-Zadi 98 suara.

Secara keseluruhan pasangan HT-Zadi berhasil meraih 1.791 suara, sedangkan Safi -Faruk mendapatkan 1.538 suara.

Sehingga, secara keseluruhan, total suara yang diraih pasangan HT-Zadi sebanyak 18.498 suara, dan Safi -Faruk 18.322 suara dan urutan ketiga diraih pasangan Rusmin Latara-Saleh Marasabessy dengan 11.165 suara.

Sedangkan, Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Hendri Badar menyatakan, secara umum pelaksanaan PSU di 11 TPS di empat kecamatan pada Kabupaten Kepsul berjalan secara aman.

Bahkan, dari 11 TPS di Kepsul itu ada yang terpisah, sehingga setiap TPS ditempati 10 anggota itu ditambah dengan satu pelaton, karena PSU ini dipastikan memiliki potensi konflik, karena dinamika politiknya relatif panas menjelang PSU.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016