Ambon, 6/4 (Antara Maluku) - Bakal calon Wakil Wali Kota Ambon Lutfi Sanaky menyatakan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) telah memberikan dukungan bagi dirinya dan petahana Richard Louhenapessy untuk berpasangan pada Pilkada serentak gelombang kedua, 17 Februari 2017.

"Sudah, dong (mereka/partai) di Jakarta sudah tanda tangan," kata Lutfi di Ambon, Rabu.

Richard Louhenapessy yang kini masih menjabat Wali Kota Ambon, dan Lutfy Sanaky resmi mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon di DPC Gerindra Kota Ambon pada 16 Maret lalu.

Menurut Lutfi, saat ini Partai Golongan Karya (Golkar) juga sedang berproses untuk memberikan dukungan kepada Richard berpasangan dengan dirinya.

"Sudah dalam proses, tapi memang mereka (Golkar) ada masalah internal kan. Tapi prinsipnya oke," katanya.

Menyangkut peluang pemberian rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ia menyatakan pengajuan nama-nama sudah dilakukan dan tinggal menunggu keputusan dari DPP partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Ketika ditanyakan tentang peluang dukungan dari masyarakat, ia menyatakan belum bisa memastikan atau memberikan besaran persentasenya.

"Kalau persentase beta belum tahu persis, tetapi beta terus turun ke lapangan untuk membangun komunikasi," katanya.

Sebelumnya, Lutfi Sanaky menyatakan kesiapan dirinya untuk berpasangan dengan Richard Louhenapessy dalam pertarungan Pilkada 2017.

"Saya siap untuk berpasangan dengan pak Richard, dan jika tidak berpasangan dengan beliau saya akan mundur dari pencalonan ini," katanya.

Selain mendaftar di Gerindra, Golkar dan PDIP, Lutfi Sanaky yang kini masih tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku juga mendaftarkan diri sebagai bakal Wakil Wali Kota Ambon 2017-2022 di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pilkada Kota Ambon diikuti oleh cukup banyak calon.

Selain Richard dan Lutfi, mereka yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan rekomendasi dari partai politik di antaranya Wakil Wali Kota Ambon M.A.S Latuconsina yang digadang-gadang bakal berpasangan dengan Paulus Kastanya (Kadis Sosial Pemprov Maluku) yang mencalonkan diri sebagai bakal calon wali kota.

Sampai saat ini, nama-nama lain yang masuk dalam bursa bakal calon kepala daerah Kota Ambon termasuk Brury Nanulaitta (Kadis PU Kota Ambon), Mohammad Tadi Salampessy, Sam Hatapayo, Hesina Huliselan, Jhon Jokohael, Felix Christianto, Abubakar Hentihu, Ridwan Marasabessy, dan Yusuf Wally.

Richard Louhenapessy dan M.A.S Latuconsina akan berakhir masa jabatannya pada 4 Agustus 2016. 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016