Ternate, 28/4 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyerahkan bantuan uang tunai kepada 42 kelompok usaha di tiga kecamatan.

"Kelompok tersebut tersebar di kecamatan Pulau Ternate, di Kelurahan Rua dan Kastela, terdiri dari lima kelompok usaha dan 10 kelompok usaha, dua kelompok infrastruktur dan dua kelompok pengelola sumber daya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kota Ternate, Ruslan Bian di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, setiap kelurahan ada lima kelompok usaha, satu kelompok infrastruktur, dan satu kelompok PSDA, sedangkan ada tujuh kelompok setiap kelurahan, di enam kelurahan di kota Ternate meliputi Kelurahan Rua dan Kastela, di Moti Kelurahan Tafamutu dengan Figur, untuk Kecamatan Hiri di kelurahan Tafraka dan Faudu.

Di setiap kelurahan, tujuh kelompok tersebut menerima bantuan uang tunai Rp50 juta.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Wali Kota Burhan Abdurahman pada HUT Pemkot Ternate ke-17 secara simbolis kepada kelompok Kastelah, Hiri dan Moti.

Total bantuan yang disalurkan Rp2,1 miliar.

Tiap kelompok penerima dikawal tenaga pendamping dan penyuluh untuk melakukan pencairan dana bantuan pemerintah tersebut di Bank BRI Ternate melalui program Pembangunan Masyarakat Pesisir atau Coastal Community Development Project (CCDP- IFAD) yang dananya bersumber dari kantor International Fund for Agricultural Development (IFAD) kota Ternate tahun 2016.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016