Ambon, 16/6 (Antara Maluku) - Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu), Muhammad, dijadwalkan melantik lima panitia pengawasan di Maluku yang penyelenggaraannya di Ambon pada 17 Juni 2016.

"Kami telah berkoordinasi dengan Gubernur Maluku, Said Assagaff untuk pelantikan Panwas lima kabupaten pada Jumat (17/6) petang," kata Komisioner Bawaslu setempat, Abdullah Ely, dikonfirmasi, Kamis.

Lima Panwas ini prioritas tugasnya untuk penyelenggaraan Pilkada serentak kelompok kedua di Maluku pada 15 Februari 2017.

Kabupaten tersebut adalah Kota Ambon, Maluku Tengah, Buru, Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tenggara Barat(MTB).

Bawaslu Maluku telah merampungkan uji kepatutan dan kelayakan, selanjutnya nama-nama Panwas telah diumumkan.

"Panwas Maluku Tengah, SBB dan MTB diumumkan pada 15 Juni 2016, sedangkan Kota Ambon dan Buru telah dua pekan lalu," ujar Abdullah.

Panwas Kota Ambon adalah Saipul Lapulu, M. Jen Latuconsina dan Paulus Titaley. Kabupaten Buru yakni Mus Latuconsina, Fathi Haris dan Hasia Fatsey.

Panwas MTB adalah Lambiombir Gerzon, Thomas Wakano dan Herman Joseph Kelbulan. Maluku Tengah yakni Ahmad Latuconsina, Stenly Meilissa dan Johana Latuloma.

Sedangkan, Panwas SBB adalah Abdul Haris Kaliky, Hijra Tangkota dan Upang Djalal.

Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku pada 9 Desember 2015 meliputi kabupaten Kepulauan Aru, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), kabupaten Buru Selatan dan kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Sedangkan, Pilkada serentak kelompok ketiga dijadwalkan Juni 2018 yakni Bupati Maluku Tenggara dan Wali Kota Tual yang masa jabatan masing - masing berakhir pada 31 Oktober 2018 serta Pilkada Maluku dengan Gubernur, Said Assagaff dan Wagub, Zeth Sahuburua berakhir pada 10 Maret 2019.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016