Ambon, 20/6 (Antara Maluku) - Warga Kota Ambon menyerbu pasar murah Ramadhan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah.

Pasar murah digelar Pemkot di Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon pada 20 - 22 Juni dan Batu Merah 23 - 25 Juni 2016 Kecamatan Sirimau.

Pantauan lapagan di Ambon, Senin, para ibu rumah tangga, anak-anak serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) menyerbu pasar murah Ramadhan untuk berbelanja bahan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga murah.

Sejumlah komoditas/barang yang dijual, masyarakat umumnya melakukan pembelian telur ayam dan gula pasir.

Telur ayam dijual Rp1.000 per butir sedangkan harga didistributor saat ini Rp1.600, selain itu gula pasir juga dijual Rp14.000, di tingkat distributor dijual Rp18.000.

Stok telur yang disiapkan untuk dua lokasi pasar murah sebanyak 3.000 rak telur ayam. Antisipasi lonjakan pembeli telur juga dilakukan dengan memberikan kupon agar warga melakukan antrian pembelian agar tidak terjadi desak-desakan warga.

Wali Kota, Richard Louhenapessy saat membuka kegiatan pasar murah menyatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok.

"Menjelang hari raya biasa terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi, sehingga Pemkot Ambon mengambil langkah ini sebagai salah satu upaya menstabilkan harga di pasar," katanya.

Dia mengakui, pasar murah yang digelar bukan untuk mencari keuntungan bagi para pelaku usaha ekonomi di daerah, tetapi bertujuan untuk meringankan beban hidup masyarakat berpenghasilan rendah, agar dapat memiliki hidup yang layak dan berkualitas.

Pemkot Ambon, katanya menyiapkan subsidi Rp150 juta untuk kegiatan pasar murah, sehingga barang yang dijual di bawah harga distributor.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan, Lina Silooy menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan tujuh distributor di Kota Ambon, dua swalayan Hypermart dan Food Mart serta Perum Bulog Maluku.

"Seluruh distributor telah menyatakan kesediaannya berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan menjual aneka kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, telur, terigu, minyak goreng dan kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016