Ternate, 10/7 (Antara Maluku) - Warga Ternate dan Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara mengisi libur panjang hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah dengan mengunjungi Pantai Maitara yang terletak di antara Pulau Ternate dan Tidore Kepulauan.

Pantai Maitara yang merupakan satu-satunya objek wisata di daerah tersebut pada H+4 Lebaran, Minggu tampak ramai pengunjung yang datang dari kedua pulau.

"Kami bersama keluarga memilih Pantai Maitara untuk liburan lebaran Idul Fitri, karena menjadi satu-satunya tempat hiburan alternatif," kata salah seorang pengunjung, Suhaiba.

Menurutnya, dipilihnya Pantai Maitara untuk berwisata pada liburan Idul Fitri ini cukup beralasan, karena memiliki pantai yang indah untuk wisata bahari.

Pantai Maitara merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat strategis, karena merupakan satu-satunya pulau kecil diapit Pulau Ternate dan Kota Tikep.

Pulau Maitara yang berada di tengah-tengah Pulau Ternate dan Tikep ini sangat mudah dijangkau, bahkan kalau ingin ke Pulau Maitara, cukup dengan menggunakan speedboat dari Ternate yang dijangkau sekitar 15 menit dari Pelabuhan Bastiong dengan tarif sekitar Rp15 ribu per orang.

Sedangkan, kalau pengunjung yang ingin ke Pulau Maitara bisa melalui Pelabuhan Rum dengan tarif Rp5 ribu per orang dengan waktu sekitar 5 menit dengan menggunakan speedboat.

Bahkan, Pantai Maitara sebagai salah satu tempat pariwisata yang dikenal dengan seribu impian, karena pantai itu dijadikan sebagai salah satu gambar dalam uang pecahan Rp1000.

Sementara itu, Wali Kota Tikep, Ali Ibrahim ketika dihubungi sebelumnya menyatakan, pihaknya akan membangun sejumlah destinasi wisata, salah satunya Pantai Maitara.

Ali Ibrahim juga meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menginventarisir sejumlah potensi pariwisata yang dimiliki Tikep untuk dikembangkan.

Dia juga meminta agar masyarakat setempat untuk ramah menerima para pengunjung maupun wisatawan yang ingin menjadikan Pulau Maitara sebagai lokasi wisata pilihan selama liburan Idul Fitri maupun liburan akhir pekan.

Selain Pulau Maitara, Kota Tikep juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya Pantai Tugulufa yang kini menjadi tempat favorit bagi warga untuk menikmati liburan akhir pekan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016