Ambon,20/8 (Antara Maluku) - Panitia pelaksana Asian Games 2018 melakukan sosialisasi di lomba layar internasional Darwin-Ambon (Darwin Ambon Yacht Race - DAYR) 2016 dengan memperkenalkan logo dan kesiapan Jakarta-Palembang sebagai tuan rumah penyelenggara.

"Kami memanfaatkan lomba DAYR yang sudah digelar sejak 30 tahun lalu dan citranya sudah terkenal di dunia ," kata Direktur Bidang Marketing Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC), Hellen Sharita Delima saat melakukan sosialisasi Asian Games, di Ambon, Jumat.

Dia mengatakan, sejak peluncuran logo baru Asian Games 2018 pada 28 Juli 2016, INASGOC intensif melakukan sosialisasi identitas peserta olah raga bangsa-bangsa tersebut.

"Berkaitan dengan hal itu bidang Marketing dan INASGOC bekerja sama menggelar kegiatan pengenalan logo yang terinspirasi dari stadiun utama gelora Bung Karno di lomba DAYR 2016," ujar Hellen.

Kegiatan sosialisasi Asian Games 2018 di lokasi finis lomba DAYR 2016 juga dihadiri oleh Deputi Bidang Kebudayaan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PKM), Haswan Yunaf dan Komite Olimpiade Indonesia, Muddai Madang.

Helen juga menjelaskan soal lomba internasional DAYR 2016 mengalami perubahan jadwal dari sebelumnya akhir Agustus 2016 ke pertengahan Agustus karena mengikuti perhitungan angin agar peserta lomba tiba tepat waktu di Ambon.

"Kami memperhitungkan kondisi angin bertiup, maka peserta lomba memajukan waktu pelayaran dari akhir Agustus ke pertengahan Agustus 2016," ujarnya.

Penyelenggaraan DAYR, didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incoporated.

Lomba internasional DAYR saat pertama kali di gelar diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yakni Cruising Yacht Association of the Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016