Ambon, 6/9 (Antara Maluku) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon Marthinus Kainama menyatakan, telah menyurati Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku untuk menunjuk rumah sakit yang akan digunakan dalam proses pemeriksaan kesehatan calon kepala Daerah.

"Kami telah menyurati pengurus IDI Maluku guna meminta penunjukan rumah sakit (RS) untuk proses pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon," katanya di Ambon, Senin.

Sampai saat ini pihaknya masih menunggu penunjukan rumah sakit yang dirujuk IDI untuk tahapan pemeriksaan kesehatan.

Untuk Pilkada Kota Ambon, KPU setempat menjadwalkan pemeriksaan kesehatan pada 21- 27 September 2016 yang akan dilakukan oleh tim dokter IDI Maluku.

"Pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal KPU untuk mengecek ulang benar atau tidak kondisi calon sesuai dengan surat keterangan yang telah diterima," kata Marthinus.

Dalam waktu dekat, menurut Marthinus, pihaknya akan menjadwalkan mekanisme dan sistem pemeriksaan. "Kita juga akan berkoordinasi apakah pemeriksaan pasangan calon ini dilakukan dalam waktu yang sama dengan menggunakan empat dokter atau bergilir," ujarnya.

Ia mengatakan, surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani serta bebas narkoba merupakan salah satu syarat administrasi yang harus disertakan para calon peserta pilkada.

Sementara itu, sesuai jadwal, tahapan dan program yang ditetapkan, menurut Marthinus, mengalami pergeseran dari Peraturan KPU nomor 4 tahun 2016 yakni tahap awal pengumuman pendaftaran 14-20 September dan pendaftaran 21-23 September.

"Tahapan pengumuman dan pendaftaran akan disesuaikan jadwal yang telah ditetapkan dalam PKPU nomor 4 tahun 2016, kita akan menindaklanjutinya dalam surat keputusan KPU," katanya.

Marthinus menjelaskan, penelitian syarat pencalonan calon yang diajukan oleh partai politik dan gabungan parpol dilaksanakan 21-23 September, dan penelitian syarat calon 23-29 September, sedangkan pemberitahuan hasil penelitian 29-30 September.

Selanjutnya perbaikan syarat pencalonan atau syarat calon 29 September-5 Oktober. Tahapan selanjutnya dilakukan penetapan pasangan calon pada 24 Oktober, pengundian dan pengumuman nomor urut pada 25 Oktober 2016.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016