Ambon, 27/9 (Antara Maluku) - Tim Maluku meraih dua medali emas dari tiga petinju yang berlaga di babak final PON XIX di GOR tinju Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa malam.

Manajer tim tinju Maluku Arthur Manuputty, saat dihubungi dari Ambon mengatakan, dua medali emas disumbangkan petinju putri yakni Juliana Patty (60 kg) dan Welmy Pariama (kelas 64 kg).

Pada pertandingan babak final yang ditonton Ketua Pengprov Pertina Maluku Sam Latuconsina itu, Yuliana berhasil mengalahkan Huswau Hazanah dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Welmy menang atas petinju Papua, Salamina Yerisitouw.

Sayangnya, keberhasilan Yuliana dan Welmy tidak diikuti satu - satunya petinju putra Maluku yang lolos ke babak final PON XIX yakni David Isikiwar(81 kg).

David harus mengakui keunggulan petinju tuan rumah, Joshua Manulang dengan skor 1-2.

"Jadi dari cabang olahraga tinju Maluku menyumbangkan dua medali emas, satu perak dan tiga perunggu," ujar Arthur.

Sebelumnya, pada babak semi final tiga petinju Maluku, Rocep Souhoka (46 kg) harus mengakui keunggulan Valentino (Bali), Julius Lumoly (56 kg) kalah dari Atris (NTT) dan Graacia Kaihatu (57 kg) dikalahkan Silva Ratu (Kalimantan Selatan).

Ketiganya berhak atas mendali perunggu sehingga hasil tersebut mempengaruhi target perolehan medali maupun perbaikan peringkat Maluku.

"Kami mengharapkan ketiga berhasil lolos ke babak final bisa mengukir prestasi terbaik agar memberikan kontribusi bagi perolehan medai emas agar target terealisasi," katanya.

Maluku pada PON XIX menerjunkan tiga petinju putri lainnya yakni Onna Paays (48 kg), Fenny Benamen(51 kg) dan Ester Kalayukin (54 kg).

Begitu juga tiga petinju putra lainnya yakni Valen Ngarbingan (52 kg), Ralin Lumoly (64 kg) dan Bram Betaubun (75 kg).

Sebelumnya, Ketua Pengprov Pertina Maluku Sam Latuconsina menargetkan meraih tiga medali emas di PON XIX.

"Kami menargetkan tiga medai emas, menyusul PON XVIII hanya menyumbangkan satu dari empat medali emas yang diraih Maluku sehingga hanya berada di peringkat ke-20 dari 33 provinsi," katanya.

Karena itu, Lodewyk Batlajery yang menyumbangkan medali emas di kelas welter (69 kg) dipercayakan menjadi tim pelatih guna memotivasi 12 petinju agar mengukir prestasi sebagaimana seniornya.

"Sekiranya tinju bisa menyumbangkan medali emas lebih dari tiga, maka mendukung target KONI Maluku agar berada di peringkat ke- 17," tandas Sam Latuconsina.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016