Ternate, 29/9 (Antara Maluku) - PT Telkomsel menambah layanan Jaringan 4G di wilayah Maluku Utara (Malut), secara khusus di Kota Ternate dan sebagian daerah lain seperti Sofifi, Tobelo dan Bacan yang sudah optimal.

"Sedangkan untuk di wilayah lain Telkomsel mengupayakan untuk setidaknya semua sudah di jaringan 3G," kata General Manager Top Dead Center (TDC) Telkomsel, Stevandi di Ternate, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk 4G saat ini masin berada pada frekuensi 800, namun Telkomsel akan menambah layanan Frekufensi menjadi 1800 dan direncanakan pada awal Oktober.

Sedangkan untuk daerah lain yang belum mendapatkan layanan 4G maka diusahakan setidaknya menggunakan 3G.

Dia menambahkan, ada beberapa daerah yang tingkat pelayanan sudah ditingkatkan dari 2G menjadi 3G, seperti beberapa daerah di Tidore Kepulauan, Bicoli di Haltim dan di Kepulauan Sula.

Jadi, setidaknya daerah-daerah yang jauh, dari pusat kota juga merasakan layanan yang bagus walaupun tidak sama, untuk itu kita naikan levelnya dari 2G menjadi 3G.

Sedangkan untuk Kota Ternate dipercepatkan untuk memiliki jaringan layanan 4G, karena pengguna Telkomsel di Ternate sangat banyak sehingga Ternate dipercepat untuk memiliki jaringan 4G dengan kecepatan internet lebih cepat dari sebelumnya.

Selain itu, dengan adanya layan 4G ini, layanannya internet akan lebig cepat lagi. karena Malut ini sudah Fiber optic (kabel optic), dan untuk 4G sendiri sudah di Uptate diselurus wilayah Ternate dan tingkat kecepatannya pun jauh lebih cepat dari sebelumnya, bahan Ternate sudah hamper 18 sait 4G.

"Selain Ternate ada beberapa daerah yang juga sudah memiliki layanan 4G, seperti Jailolo, Sofifi, Maba dan Tidore, jadi untuk jaringan internet di Malut sudah sangat mendukung, untuk kegiatan-kegiatan yang menggunakan jasa internetan," ujarnya.

Menurut dia, untuk itu diharapkan kepada semua pelanggan sebaiknya sekarang gunakan layanan 4G, sebelum kita Update ke frekuensi 1800. namun di frekuensi 800 saat ini saja sudah bisa dibilang cukup bagus.

"Jadi bagi pengguna The voice 4G, agar segra dioptimalisasikan melalui Kantor Telkomsel maupun Grepari dan Mobile seling dan untuk mobile seling bertempatkan dibeberapa titik seperti, Taman Nukila dan di depan Hypermart," katanya.

Sedangkan untuk pengguna 4G di Kota ternate hingga saat ini, masih bisa dibilang minim. Sebab sampai saat ini baru mencapai 20 persen, dari keseluruhan jumlah masyarakat Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016