Ambon, 30/9 (Antara Maluku) - Operasi Teritorial (Opster) Kodam XVI/Pattimura Tahun 2016 di wilayah Korem 151/Binaiya dengan tema "Katong Bangun Maluku" resmi ditutup, setelah dilaksanakan selama 75 hari.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura yang diterima Antara di Ambon, Jumat, kegiatan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dan TNI itu ditutup melalui satu acara yang digelar di Lapangan Makorem 151/Binaiya dengan Inspektur Upacara Kasrem 151/Binaiya Letkol Inf Christian Pieter Sipahelut.

Disebutkan, sasaran pelaksanaan Opster itu meliputi pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial dalam bentuk kegiatan fisik dan non fisik serta pemberian bahan bahan kontak kepada masyarakat.

Danrem Kol. Inf Edy Sutrisno dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasrem Christian, menyatakan kegiatan Opster Kodam XVI/Pattimura Tahun 2016 di wilayah Korem 151/Binaiya bertujuan untuk membantu kesulitan rakyat, khususnya di desa-desa pascakonflik, dan yang paling penting adalah selalu terciptanya hubungan emosional yang baik antara TNI dan rakyat sesuai dengan motto "TNI Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat".

Kegiatan Opster yang telah dilaksanakan antara lain kegiatan fisik berupa pembangunan rumah, rehabilitasi rumah, pelebaran jalan 1.000 meter, rehabilitasi masjid dan gereja, pembuatan karamba jaring apung, pembuatan karamba darat, pembukaan lahan penghijauan, pembangunan jembatan 45 m, pembukaan jalan 500 m, pembuatan badan jalan 2.200 m, pengecatan gedung, rehabilitasi gedung SD, dan pembersihan saluran air.

Kegiatan non fisik meliputi Penyuluhan Bahaya Radikal (Terorisme dan ISIS), Penyuluhan bahaya Narkoba, Seks Bebas dan Miras, Penyuluhan Hukum, Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Massal yang seluruhnya dikerjakan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan, di samping penyerahan bahan kontak kepada masyarakat yang membutuhkan.

Upacara penutupan Opster dihadiri Dandim 1504/Ambon yang sekaligus sebagai Dansatgas Opster, Pabandya Bhakti Sterdam XVI/Pattimura, serta Para Kasi dan Pasi Korem 151/Binaiya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016