Ambon, 11/10 (Antara Maluku) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto dijadwalkan meninjau festival Mei Kei di kabupaten Maluku Tenggara pada 19 Oktober 2016.

"Peninjauan ini merupakan dukungan Partai Golkar terhadap event pariwisata yang diluncurkan Gubernur Maluku, Said Assagaff pada 1 Oktober 2016," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Maluku, Ruland Tahapary, dikonfirmasi, Selasa.

Koordinasi telah dijalin dengan Pemkab Maluku Tenggara serta DPD Partai Golkar setempat maupun Kota Ambon terkait rencana tersebut.

Ruland, didampingi Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPD Partai Golkar Maluku Ridwan Marasabessy, mengatakan kunjungan Setyo itu bagian dari dukungan terhadap Gubernur Said yang juga Ketua DPD Partai Golkar Maluku yang begitu antusias mendukung penyelenggaraan festival Mei Kei.

"Ini menunjukkan komitmen Partai Golkar yang mendukung penyelenggaraan festival Mei Kei hingga 22 Oktober harus sukses," ujarnya.

Peninjauan ini juga merupakan kepedulian DPD Partai Golkar Maluku periode 2016 - 2021 hasil Musda di Ambon pada 29 Agustus 2016.

"Jadi DPD Partai Golkar Maluku tidak hanya fokus di politik. Namun, sektor lainnya seperti pengembangan pariwisata yang strategis dalam mendukung pengembangan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan sosial bila dikelola profesional," tandas Ruland.

Sebelumnya, Bupati Maluku Tenggara, Andre Rentanbun mengemukakan, festival Meti Kei diselenggarakan dengan tujuan menarik minat wisatawan, baik lokal, nusantara maupun mancanegera ke daerah ini.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa media elektronik di antaranya sebuah TV swasta nasional guna mendukung acara tersebut," ujanya.

Kepulauan Kei terdiri dari kabupaten Maluku Tenggara dan kota Tual. Kabupaten Maluku Tenggara mencakup 11 kecamatan.

Festival Meti Kei di kabupaten Maluku Tenggara yang berjuluk Bumi Larvul Ngabal pada 8 - 22 Oktober 2016 antara lain berisi acara diving & snorkling Kei, festival seni dan budaya Kei, tarik tali tangkap ikan tradisional, festival menu Enbal (rekor Muri), tur keliling pulau (Touring Small Island Kei 10 Km), pameran potensi wisata Kei, festival cerita rakyat Kei, tarian tradisional Kei (rekor Muri) serta lomba foto pariwisata Kei.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016