Ambon, 15/10 (Antara Maluku) - Tim A atlet Kodam XVI/Pattimura Ambon berhasil meraih piala bergilir Panglima TNI dalam Lomba Triathlon "Nusa Laut Adventure 2016", yang digelar di Desa Sila, Kecamatan Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu.

Tim atlet Kodam XVI/Pattimura Ambon untuk kategori beregu lima berhasil membawa pulang piala Panglima TNI setelah mengalahkan ratusan peserta lainnya, di tiga mata lomba Triathlon, yakni renang 300 meter, balap sepeda sejauh 22,7 kilometer mengeliling pulau Nusa Laut, dan lari lima kilometer.

Tidak hanya membawa pulang piala bergilir, tim Kodam XVI/Pattimura juga mendapatkan hadiah bonus uang tunai sebesar Rp60 juta dalam lomba yang digelar untuk memeriahkan HUT TNI yang ke-71 pada 5 Oktober 2016.

Selain tim A, tim C atlet Kodam XVI/Pattimura Ambon juga berhasil meraih juara tiga untuk kategori beregu lima, dan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp30 juta.

"Mencermati perkembangan lingkungan saat ini, peran olahraga dan pariwisata sungguh semakin penting dan strategis dalam konteks pengembangan kualitas sumber daya manusia yang sehat, mandiri, bertanggung jawab dan memiliki sifat kompetitif yang tinggi," kata Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dalam pidatonya yang dibacakan oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Munardo.

Ia mengatakan olahraga dan pariwisata yang dikelola secara profesional akan mampu mengangkat martabat bangsa dalam percaturan internasional. Sejarah telah mencatat bahwa dua bidang tersebut dapat menjadi media politik dan diplomasi internasioal, bahkan menjadi ikon bisnis dan industri yang prospektif.

Salah satu hal yang bisa menjaga eksistensi harkat dan martabat bangsa adalah olahraga dan pariwisata, melalui dua bidang tersebut Indonesia bisa dihormati dan dikenal seantero dunia.

"Olahraga dan pariwisata yang dikelola secara potensial dan aktual dapat menjadi rujukan yang efektif bagi pembentukan watak, kepribadian dan karakter masyarakat," ucapnya.

Tidak hanya TNI/Polri yang terlibat, Lomba Triathlon "Nusa Laut Adventure 2016" yang mempertandingkan 14 kategori itu, juga diikuti oleh masyarakat umum. Dari 400 orang peserta, dua orang diantaranya adalah warga negara Amerika Serikat dan Portugal.

Sarah Virginia Costara (26) dari Portugal berhasil membawa pulang medali perunggu untuk kategori perorangan umum putri, dan juara satu diraih oleh atlet Pelatnas asal Sumatera Barat, Eva Desiana.

Sedangkan juara kategori perorangan umum putra diraih oleh atlet sepeda nasional Ady Akhmad Jukardy yang mewakili Jakarta - JEC Triathlon, ia juga berhasil membawa pulang penghargaan Best Runner.

"Saya bukan seorang atlet tapi sangat menyukai triathlon. Saya mengetahui perlombaan ini dari seorang teman, saya merasa ini adalah kesempatan untuk melihat bagian lain dari Indonesia. Sangat menyenangkan menikmati pemandangan indah di tengah-tengah perlombaan, bertemu masyarakat, mereka sangat ramah dan menyemangati saya," kata Sarah.

Untuk kategori perorangan TNI/Polri putri diraih oleh satu-satunya perwakilan kowad, yakni Wahyu Rianti dari Secapa AD Bandung yang juga merupakan seorang atlet triathlon nasional. Sedangkan kategori TNI/Polri putra didapatkan oleh Hari Rohman dari Kodam I/Bukit Barisan.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016