Ambon, 16/10 (Antara Maluku) - PT Telkomsel memperkuat jaringan telekomunkasi di Pulau Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah, dengan menyediakan base transceiver station (BTS) berteknologi 2G dan 3G di daerah ini.

"Kami bertekad menghubungkan seluruh wilayah masyarakat Indonesia dengan layanan komunikasi yang berkualitas, tidak terkecuali di wilayah-wilayah dengan akses fasilitas dan infrastruktur yang terbatas seperti Nusa Laut," kata Direktur Sales Telkomsel Mas`ud Khamid, di Ambon, Minggu.

Ia berharap ketersediaan BTS tersebut mampu mendukung masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan potensi Nusa Laut, terutama di bidang pariwisata, perikanan, pertanian, dan perkebunan, sehingga dapat menggerakkan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Kami harapkan kualitas layanan komunikasi yang kami hadirkan di Nusa Laut mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatan produktivitas masyarakat sehari-hari," ujarnya lagi.

Kecamatan Nusa Laut merupakan pemekaran dari Kecamatan Saparua pada 2001, berpenduduk lebih dari 6.000 jiwa.

Pulau seluas 32,5 kilometer persegi tersebut terdiri dari tujuh desa, yakni Ameth, Akoon, Abubu, Titawaai, Leinitu, Sila, dan Nalahia.

Saat ini Telkomsel telah melayani lebih dari 1.700 pelanggan di Nusa Laut, sekitar 1.100 di antaranya aktif menggunakan layanan data. Kehadiran layanan komunikasi itu telah dirasakan langsung oleh masyarakat setempat.

"Dengan adanya sinyal Telkomsel, pelajar sangat terbantu untuk mendapatkan informasi pelajaran dari internet karena fasilitas buku di Nusa Laut sangat terbatas. Layanan ini juga membantu kami dalam urusan pemerintahan, memudahkan kami dalam berkoordinasi. Kami berharap Telkomsel meningkatkan teknologi lagi, agar kami juga bisa melakukan layanan panggilan video," kata Kepala Desa Ameth Wempy Parinussa.

Kepala Urusan Pemerintahan Desa Abubu Dani Lekahena mengatakan sebelumnya untuk berkomunikasi masyarakatnya harus ke desa tetangganya.

"Dulu kalau mau berkomunikasi kami harus ke negeri sebelah. Kami sangat berterima kasih Telkomsel hadir di Abubu, sehingga kami mudah berhubungan dengan keluarga, terutama yang berada di perantauan," katanya.

Tak hanya menyediakan BTS, untuk mendukung pelombaan Triathlon "Nusa Laut Adventure 2016" yang digelar oleh Kodam XVI/Pattimura pada 15 Oktober 2016, Telkomsel juga memperkuat jaringan dengan mengoperasikan dua unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di Desa Abubu dan Leinitu.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016