Ternate, 21/10 (Antara Maluku) - Harga ikan di Ternate, Maluku Utara mengalami kenaikan, terutama untuk jenis cakalang dan tuna yang memang diminati masyarakat setempat.

Salah seorang pedagang ikan di pasar Higienis Ternate, Ramla, Jumat, mengatakan harga ikan cakalang ukuran besar yang sebelumnya hanya Rp220 ribu/ ekor kini naik menjadi Rp300 ribu/ekor.

Sedangkan, harga ikan cakalang ukuran sedang yang sebelumnya Rp80 ribu/ ekor, kini menjadi Rp128 ribu/ekor dan ukuran kecil yang sebelumnya Rp30 ribu/ ekor kini menjadi Rp40 ribu/ ekor.

Ikan tuna ukuran besar yang semula harganya Rp200 ribu/ ekor kini menjadi Rp280 ribu/ekor dan ikan tuna ukuran sedang naik dari Rp70 ribu/ ekor menjadi Rp100 ribu/ ekor.

Harga ikan jenis lainnya seperti dolosi, komo dan sorihi, yang juga banyak diminati masyarakat setempat, khususnya mereka perpenghasilan rendah tetap stabil. Ikan dolosi misalnya tetap Rp20.000/tumpuk (empat ekor).

Ramla mengatakan, naiknya harga ikan cakalang dan tuna tersebut disebabkan banyaknya nelayan yang tidak melaut karena cuaca buruk yang kini melanda perairan Maluku Utara.

Kapal pancing ikan cakalang dan tuna yang berani melaut hanya berukuran besar. Itu pun hasil tangkapannya sebagian besar dijual kepada sejumlah perusahaan penampung ikan di daerah ini untuk diantarpulaukan ke luar Malut, sehingga pasokan di pasaran setempat terbatas.

Sebelumnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara, Buyung Radjiloen mengatakan jika harga ikan di pasaran Ternate dan daerah lainnya di daerah ini mengalami kenaikan akibat terbatasnya pasokan, maka pihaknya akan meminta perusahaan ikan di Panamboang, Halmahera Selatan untuk memasok ikan ke daerah yang mengalami kelangkaan stok.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016